logo alinea.id logo alinea.id

Wiranto berharap Jokowi dan Prabowo segera bertemu

Mantan Panglima TNI itu mengatakan, melalui proses pemilu kemarin, Indonesia sudah memperlihatkan kedewasaannya dalam berdemokrasi.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Minggu, 30 Jun 2019 19:15 WIB
Wiranto berharap Jokowi dan Prabowo segera bertemu

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, berharap Jokowi dan Prabowo segera melakukan pertemuan usai penetapan calon terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kami berharap dengan penetapan ini, kebersamaan dapat terjalin kembali. Atau istilahnya yang dipopulerkan proses rekonsiliasi dapat berjalan dengan baik. Kami harapkan Pak Jokowi dan Pak Prabowo bisa segera bertemu, untuk membicarakan bangsa Indonesia," kata Wiranto saat menghadiri penetapan calon terpilih di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (30/6).

Indonesia sebagai sebuah bangsa sudah saatnya bersatu kembali untuk membangun Indonesia. Agar dapat mencapai suatu kemajuan yang berarti bagi Indonesia.

Mantan Panglima TNI itu mengatakan, melalui proses pemilu kemarin, Indonesia sudah memperlihatkan kedewasaannya dalam berdemokrasi, lantaran dengan pemilu yang sangat rumit dan sempat diwarnai dengan gejelok, Indonesia tetap bisa menyelesaikan pemilu secara jujur dan adil.

"Saya kira, kita sudah melampaui suatu tahapan yang sangat penting dalam berdemokrasi. Ini pemilihan umum yang boleh dikatakan paling besar, paling rumit, dan kita sudah dapat lalui dengan baik. Memang ada gejolak, tetapi alhamdulillah atas kesadaran bersama, gejolak itu berakhir dengan baik," katanya. 

Hal senada juga disampaikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Ia sangat mengapresiasi kinerja KPU yang sudah menyelenggarakan pemilu secara sukses. KPU berhasil menaikkan kualitas pemilu dan meningkatan partisipasi publik untuk terlibat dalam pemilihan umum.

"Saya kira secara konstitusional, pelaksanaan pileg dan pilpres ini sudah berjalan sesuai dengan undang-undang, sesuai PKPU yang dipersiapkan dengan detail oleh KPU. Sebagai pemerintah tentunya saya mengapresiasi. Apalagi secara kualitas tingkat pelaksanaannya lancar, partisipasinya meningkat," katanya. 

Tjahjo juga mengapresiasi Polri, Kejaksaan, TNI, dan BIN, yang sudah menjaga stabilitas keamanan selama jalanya proses Pemilu 2019.
 

Sponsored