sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

2 cawagub DKI dinyatakan lolos berkas administrasi

, DPRD menjadwalkan agenda pemilihan, dan rencananya tetap digelar pada 23 Maret.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Rabu, 18 Mar 2020 21:37 WIB
2 cawagub DKI dinyatakan lolos berkas administrasi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 74018
Dirawat 35764
Meninggal 3535
Sembuh 34719

Panitia Pemilihan (Panlih) Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta menyatakan, cawagub dari Partai PKS Nurmansjah Lubis dan dari Partai Gerindra Ahmad Riza Patria lolos seleksi administrasi berkas kelengkapan, untuk maju sebagai orang nomor dua di Jakarta.

"Keduanya telah lulus dan kami tetapkan sebagai cawagub yang akan dipilih oleh anggota DPRD DKI pada rapat paripurna pemilihan wagub pada 23 Maret," kata Ketua Panlih Cawagub DKI Jakarta Farazandi Fidinansyah, dalam konferensi persnya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (18/3).

Panlih hari ini (18/3) telah melaksanakan seluruh rangkaian kelengkapan administrasi cawagub. Panlih telah memanggil dan melakukan wawancara terhadap kedua cawagub tersebut.

"Kami telah menyelesaikan wawancara kepada kedua calon wakil gubernur yang kami sudah rapatkan tadi lewat rapat pleno Panlih," katanya.

Keduanya dinilai telah melengkapi berkas persyaratan sebagai cawagub DKI. Termasuk, Riza Patria yang sebelumnya mesti melampirkan dokumen surat pengunduran diri sebagai anggota DPR tertandatangani Presiden Jokowi.

Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah lagi, karena surat pengunduran diri Riza sebagai anggota DPR telah diketahui pimpinan DPR dan dokumen itu juga telah dilampirkan sebagai syarat maju cawagub DKI.

"Saya tekankan, seluruh berkas administrasi, wawancara terkait pengetahuan, dan kepribadian telah kami lakukan," ujarnya.

Sesuai agenda yang telah ditetapkan pada Bamus beberapa waktu lalu, DPRD menjadwalkan agenda pemilihan, dan rencananya tetap digelar pada 23 Maret.

Sponsored

Pemilihan wakil gubernur akan melalui voting tertutup dengan pemilih sebanyak 106 jumlah total anggota DPRD DKI Jakarta. 

Sementara itu, Riza berharap pada pemilihan wagub pada 23 Maret nanti, prosesnya dapat berjalan secara Luber (Langsung, Umum dan Rahasia). "Berlangsung dengan kekeluargaan, persaudaraan, kebersamaan dan mengedepankan hari nurani," kata Riza di DPRD Jakarta, Rabu (18/3).

"Jadi siapapun yang terpilih nanti insya Allah dapat mendampingi Pak Anies melaksanakan tugas sampai akhir masa jabatan," katanya.

Berita Lainnya