sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

AHY tegaskan Emil Dardak kader Demokrat, jadi suksesor Soekarwo?

"Sudah jelas Mas Emil adalah kader Demokrat dan bagian dari partai ini."

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Rabu, 23 Jan 2019 11:55 WIB
AHY tegaskan Emil Dardak kader Demokrat, jadi suksesor Soekarwo?
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 76981
Dirawat 36636
Meninggal 3656
Sembuh 36689

Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyatakan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, Emil Elestianto Dardak, merupakan kader Partai Demokrat.

"Sudah jelas Mas Emil adalah kader Demokrat dan bagian dari partai ini," ujar AHY saat menghadiri HUT Muda Mudi Demokrat ke-2, di Surabaya, Selasa (22/1) malam.

Menurut AHY, bukti bupati Trenggalek itu berada di Demokrat adalah dengan diusungnya Emil mendampingi Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim 2018. Selain Demokrat, pasangan ini diusung Partai Golkar, NasDem, Hanura, PPP, dan PKPI.

Terkait kabar yang menyebut Emil akan menggantikan posisi Gubernur Jatim Soekarwo sebagai Ketua DPD Partai Demokrat, AHY tak menjawab lugas. Menurutnya, Demokrat akan melakukan kajian dan menjalankan mekanisme partai yang berlaku.

"Kita lihat, kita punya mekanisme dalam tubuh partai. Tapi saya pikir tidak perlu dibahas sekarang," ucapnya. 

AHY menegaskan, Demokrat selalu mempersiapkan kader terbaik tanpa melihat usia. Hal yang menjadi pertimbangan partai adalah kapasitas, integritas, dan komitmen untuk membawa nama baik dan membesarkan partai. Selain itu, juga menjadikan partai memiliki kehormatan dan kebesaran seperti yang pernah diraih di masa lalu.

"Ke depan ingin para kader yang bisa mengusung terobosan-terobosan, karena politik ini berjalan cepat," ucapnya.

Sementara itu, Emil Dardak juga mengungkapkan bahwa dirinya telah menjadi bagian dari keluarga besar Partai Demokrat. Dia menekankan, dirinya memiliki hubungan cukup panjang dengan partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

Sponsored

“Sesungguhnya kebersamaan saya dengan Demokrat sudah terjalin sejak sebelum Pilkada Jatim, apalagi Demokrat salah satu partai yang mengusung saya di Pilkada Trenggalek lalu,” katanya.

Emil juga mengaku dirinya memiliki kedekatan emosional dengan Demokrat. Emil juga menyatakan dirinya menganggap Ketua DPD Demokrat Jatim, Soekarwo, sebagai mentor serta tokoh berpengalaman di bidangnya.

Berita Lainnya