sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Airlangga capres 2024 menggema di Munas X Golkar

Sejumlah perwakilan DPD Golkar mendorong Airlangga Hartarto menjadi calon presiden di Pemilu 2024.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Rabu, 04 Des 2019 17:56 WIB
Airlangga capres 2024 menggema di Munas X Golkar

Sejumlah perwakilan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat I Partai Golkar mendorong Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menjadi calon presiden (capres) pada Pemilu 2024. 

Dorongan itu diutarakan perwakilan DPD saat memberikan pandangan umum dalam Musyawarah Nasional (Munas) Golkar X di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (4/12). 

Salah satu pengusul ialah Ketua DPD Golkar Sulawesi Utara Tetty Paruntu. Menurut dia, keinginan mencalonkan Airlangga sebagai capres berasal dari akar rumput. 

"Golkar Sulawesi Utara dan 15 DPD tingkat II siap memenangkan Pak Airlangga dalam Pilpres 2024 yang akan datang," kata Tetty. 

Pernyataan tersebut disambut koor sejumlah peserta munas. "Hidup Airlangga capres 2024," kata mereka.

Ditemui di sela-sela munas, politikus senior Golkar Akbar Tanjung mengatakan, terlalu dini untuk membahas capres. Menurut dia, Golkar seharusnya fokus mendongkrak elektabilitas. 

"Dan syukur-syukur kita kembali menjadi pemenang. Kalau kita menjadi pemenang, akan lebih mudah kita untuk mencari alternatif atau menetapkan capres," ujar Akbar. 

Lebih jauh, Akbar mengatakan, wacana mendorong Airlangga sebagai capres 2024 bukan satu-satunya cara untuk mendongkrak elektabilitas Golkar. Pasalnya, strategi itu pernah dilakukan dengan mencalonkan Aburizal Bakrie sebagai capres. 

Sponsored

Namun, kata dia, perolehan suara partai pada Pemilu 2009 malah turun. "Pada kenyataan turun kan. Menjadi tidak fokus pada agenda utama kita," kata mantan Ketua DPR itu.

Pimpinan sidang Munas Golkar X Roem Kono mengatakan, sejauh ini tak ada agenda membahas capres 2024 dalam munas. Namun, ia mengakui banyak kader yang berharap Golkar punya calon sendiri. "Saya kira ada keinginan dari Golkar, ya, ada capres 2024," kata dia. (Ant)