sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Inisiator GMPG: Airlangga Hartarto belum masuk dalam kontestasi pencapresan

Berkaca dari berbagai hasil survei, elektabilitas Airlangga Hartato masih terus menerus berputar di bawah angka nol koma persen.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Kamis, 27 Jan 2022 14:32 WIB
Inisiator GMPG: Airlangga Hartarto belum masuk dalam kontestasi pencapresan

Inisiator Generasi Muda Partai Golkar (GMPG) Almanzo Bonara menilai, terdapat anomali di tubuh Partai Golkar menjelang Pilpres 2024. Meski begitu kuat dan lantang menyuarakan Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden, namun elektabilitasnya masih jauh dari harapan.

"Kondisi ini jelas bertolak belakang dengan harapan. Sebab, performa Airlangga Hartarto dipandang belum layak masuk dalam panggung kontestasi pencapresan nanti," ujar Almanzo dalam keterangannya, Kamis (27/1).

Menurut Almanzo, langkah-langkah konsolidasi partai seharusnya telah dilakukan, misalnya dengan menggerakan semua instrumen partai. Mengingat, berkaca dari berbagai hasil survei, elektabilitas Airlangga Hartato masih terus menerus berputar di bawah angka nol koma persen.

Tentunya, kata dia, hal ini memperkuat asumsi publik bahwa Airlangga Hartarto selaku Ketua Umum Partai Golkar dan calon presiden kurang mendapat simpati publik, termasuk tidak mendapatkan dukungan yang kuat dari rakyat.

Sponsored

"Terbukti, konsolidasi partai yang dilakukan selama ini tidak mampu mendongkrak Airlangga Hartarto secara elektoral selaku calon presiden," ujar dia.

Almanzo berpendapat, kondisi ini harus menjadi alarm yang serius bagi semua kader Golkar. Dengan modal politik dan infrastrukur yang dimiliki Partai Golkar saat ini, harusnya mampu menunjang elektetabilitas Airlangga Hartarto.

"Saya kira, jangan lagi mendaur ulang kesalahan Partai Golkar pada Pemilu 2014. Jangan sampai terbebani elektabilitas ketum (Airlangga), bisa membuat Golkar menjadi partai gagal di 2024. Karena itu elite partai harus objektif dan bijaksana dalam mengambil kebijakan strategis bagi partai," pungkasnya.

Berita Lainnya