sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Survei Indikator: Anak muda lebih jagokan Anies daripada Ganjar dan Ridwan Kamil

Berdasarkan sosiodemografi, setiap nama memiliki kekuatan masing-masing berdasarkan tempat, gender, usia, dan etnis.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Minggu, 21 Mar 2021 20:13 WIB
Survei Indikator: Anak muda lebih jagokan Anies daripada Ganjar dan Ridwan Kamil

Anak muda disebut lebih menjagokan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dibandingkan 16 nama lain sebagai calon presiden (capres). Demikian hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dipublikasikan Minggu (21/3).

"Di antara 17 nama yang paling tinggi secara absolut yang tertinggi itu Anies Baswedan," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi.

Dalam riset tersebut, Anies dipilih 15,2% responden, yang seluruhnya anak muda. Posisi kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dengan 13,7% dan disusul Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, 10,2%.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berada di peringkat ke-4 dengan 9,8% dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, di bawahnya (9,5%). Posisi ke-6 ada Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebesar 4,1%.

Sementara itu, elektabilitas 11 nama lain berada di bawah 2%. Perinciannya, Menteri BUMN, Erick Thohir (1,5%); Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian (1,2%); Ketua DPR, Puan Maharani (1,1%); bekas Panglima TNI, Gatot Nurmantyo (0,8%); Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (0,7%); Wakil Presiden Ma'ruf Amin; Kepala BIN, Budi Gunawan; dan Ketua MPR, Bambang Soesatyo masing-masing 0,4%; Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menko Polhukam, Mahfud MD masing-masing 0,2%; serta Wakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar (0,0%).

Hasil survei juga menyebutkan, suara anak muda yang memilih Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 menyebar ke sejumlah nama. Namun, Anies paling diuntungkan dari para pendukung Prabowo-Sandi. "Kalau melihat datanya secara umum," ucap Burhanuddin.

Di sisi lain, suara dominan tidak mengarah ke Anies saat responden ditanya pilihannya jika pilpres dilaksanakan hari ini. "Yang paling tinggi, walaupun (dalam) kisaran margin of error, dengan Ganjar dan Ridwan Kamil," jelasnya.

"Secara umum tidak ada nama yang dominan. Akan tetapi, di antara 17 nama yang paling tinggi secara absolut itu Anies di angka 15,2%," imbuh dia.

Sponsored

Berdasarkan sosiodemografi, menurut Burhanuddin, setiap nama memiliki kekuatan masing-masing berdasarkan tempat, gender, usia, dan etnis. Ganjar, misalnya, dipilih sebanyak 22,1% anak muda Jawa, disusul Anies (12,2%), dan Sandi (10,3%). 

Adapun Emil, sapaan Ridwan Kamil, banyak dipilih anak muda Sunda dengan persentase 28,6%. Dia dibayangi Anies (15,5%) dan Prabowo-Sandi masing-masing 10,3%.

Survei nasional suara anak muda ini, dengan rentang usia 17-21 tahun, dilaksanakan pada 4-10 Maret 2021 dan Melibatkan 1.200 responden yang dihubungi melalui sambungan telepon. Rerata simpangan (margin of error) sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Penelitian dilakukan dengan metode acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang dilakukan Indaktor Politik Indonesia pada Maret 2018-Maret 2020.

Berita Lainnya