sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Anies bantah hadiri Kongres NasDem untuk Pilpres 2024

Masuk dalam konvensi bursa Capres 2024 yang diselenggarakan Partai NasDem, Anies mengaku tidak mengetahuinya.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Selasa, 12 Nov 2019 11:24 WIB
Anies bantah hadiri Kongres NasDem untuk Pilpres 2024
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Dua kepala daerah yang disebut-sebut masuk dalam bursa calon presiden (capres) tahun 2024 dari Partai NasDem secara kompak mengaku belum memikirkan rencana pencalonan diri pada Pilpres 2024 mendatang. 

Setelah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang menyatakan masih fokus menjalani tugas sebagai gubernur, kini giliran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan hal serupa. 

Menurut Anies, saat ini dirinya tengah fokus pada kegiatannya sebagai pimpinan di ibu kota. Ia pun tidak ingin memikirkan Pilpres 2024 untuk saat ini.

"Saya ini, bekerja di Jakarta baru dua tahun. Terus presiden baru dilantik, belum satu bulan. Jadi, rileks dulu saja. Saya sekarang tetap fokusnya di Jakarta, fokusnya kegiatan-kegiatan terkait Jakarta," kata Anies pada Senin (11/11).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengklarifikasi kedatangannya dalam Kongres kedua Partai NasDem pada 8 November 2019 tidak ada kaitannya dengan Pemilihan Umum 2024.

Begitu juga dengan rencana konvensi yang akan diselenggarakan NasDem untuk menjaring capres 2024, Anies mengaku tidak mengetahuinya. 

"Kita ini semuanya dikaitkan dengan proses politik, padahal masih panjang sekali. Sekarang ini baru tahun 2019," ucap dia.

Menurut Anies, kedatangannya dalam kongres tersebut pun hanya sebatas memenuhi undangan dan merupakan hal yang biasa. Posisinya sebagai Gubernur DKI Jakarta kerap membuka kongres sejumlah organisasi atau partai, sekaligus memberikan sambutan sebagai tuan rumah. 

Sponsored

"Saya tidak tahu. Saat ini saya masih urusin Jakarta. Tuntaskan semua amanat di Jakarta, baru nanti kita memikirkan yang lain. Jangan semuanya dipikirin sekarang," katanya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Surya Paloh membantah bahwa partainya sudah mendukung calon presiden untuk Pemilu 2024. Termasuk adanya spekulasi menyebut NasDem mendukung majunya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan sejumlah gubernur lain yang disebut-sebut dibidik NasDem.

Di hadapan Presiden Joko Widodo dalam Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-8 Partai NasDem, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (11/11) malam, Paloh menegaskan partainya belum berencana untuk menggalang kekuatan untuk tahun 2024.

Berita Lainnya