sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Arief Budiman dirawat, Ilham Saputra ditunjuk jadi Plh Ketua KPU

Arief Budiman menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Selasa, 22 Sep 2020 18:23 WIB
Arief Budiman dirawat, Ilham Saputra ditunjuk jadi Plh Ketua KPU
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) untuk menggantikan Ketua Arief Budiman yang tengah menjalani perawatan Covid-19.

"Dalam rangka untuk memperlancar urusan tata administrasi KPU, telah diputuskan penunjukan Plh Ketua KPU, yaitu dalam hal ini Plh Ketua KPU dilaksanakan saudara Ilham Saputra," kata Ilham dalam keterangannya, Selasa (22/9).

Mengenai kondisi Arief terkini, jelas Ilham, masih dalam perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Soebroto Jakarta. Sebelumnya, Arief menjalani isolasi mandiri.

"Saudara Arief Budiman sebagai Ketua KPU definitif sejak tadi pagi memutuskan untuk melanjutkan perawatan ke RSPAD dalam rangka percepatan pemulihan kesehatan," katanya.

Lebih lanjut, Ilham mengatakan sampai saat ini KPU sedang memfinalisasi draf revisi PKPU tentang Penyelenggaraan Pilkada Situasi Covid-19. Dia menjelaskan, perubahan itu pada prinsipnya membatasi dan meniadakan kegiatan yang potensial melibatkan massa dalam jumlah banyak.

Sementara pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) dilaksanakan mulai 22-28 September 2020. Untuk memudahkan para pihak melakukan pelaporan tentang DPS, imbuhnya, telah dibuka di 51.304 Posko Layanan Pemilih.

"Yang tersebar pada masing-masing Kantor 9 KPU Provinsi, 309 KPU Kab/Kota, 4.241 PPK (kecamatan) dan 46.745 PPS (desa/kelurahan) penyelenggara pilkada," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman dinyatakan positif setelah melakukan rapid test pada 16 Sepetember 2020 dengan hasil non-reaktif. Sehari berselang, dia kembali melakukan uji kesehatan dengan metode swab test sebagai syarat menghadiri rapat di Istana Kepresidenan Bogor pada 18 September. Hasilnya, Arief dinyatakan positif Covid-19.

Sponsored

Pada 18 September, Arief kemudian memutuskan untuk melakukan isolasi mandiri. Dia menuturkan bahwa tidak ada gejala batuk, panas, pilek ataupun sesak nafas yang dialaminya.

Berita Lainnya