Politik / Pilpres 2019

Beda gaya rombongan pengantar Jokowi dan Prabowo

Jokowi-Maruf diiringi dengan mobil hias dan simpatisan berpakaian khas Nusantara, sedang Prabowo-Sandiaga diiringi marching band.

Beda gaya rombongan pengantar Jokowi dan Prabowo Rombongan Prabowo tiba di KPU usai salat Jumat (Mumpuni/ Alinea).

Pasangan capres-cawapres bergantian hadir di Komisi Pemilihan Umum (KPU), dengan gaya masing-masing. Jokowi-Maruf datang diantar sejumlah pejabat, paspampres dengan menaiki mobil yang dihias sedemikian rupa. Beberapa relawan yang mengiringi tampak mengenakan baju-baju khas Nusantara. Sementara, Prabowo-Sandi dan rombongan hadir diiringi politisi pendukung termasuk AHY.

Rombongan Prabowo yang hadir belakangan, sebelumnya telah berkumpul terlebih dahulu di Masjid Sunda Kelapa. Lalu, usai salat Jumat atau sekitar pukul 12.42, simpatisan pendukung Prabowo-Sandiaga sudah mulai mendatangi gedung KPU. Kebanyakan dari pendukung terlihat menggunakan pakaian kemeja putih dan celana coklat sebagai penanda simpatisan Partai Gerindra.

Terlihat juga di seberang gedung KPU, simpatisan dari Brigade Cinta Tanah Air (BRACTA) yang membawa bendera simbol organisasi. Mereka juga membawa spanduk bertuliskan dukungannya terhadap Prabowo. Tak mau kalah, para simpatisan Gerindra memutar lagu 2019 ganti presiden sambil menyanyikannya bersama-sama.

Sementara di depan gerbang KPU, beberapa kader PAN terlihat menunggu kedatangan Prabowo dan Sandiaga dari Masjid Sunda Kelapa. Dengan menggunakan jas berlogo partainya, mereka terbagi di ujung jalan untuk menyambut kedatangan pasangan capres dan cawapres pilihannya.

Setelah didahului kedatangan Rahmawati Soekarnoputri dan Hinca Panjaitan, Titiek Soeharto juga tiba di lokasi pendaftaran pukul 13.15. Tak selang beberapa saat, rombongan pengiring Prabowo dengan marching band berkostum burung garuda, menandakan pasangan capres dan cawapres, tiba di KPU.

Gaya Prabowo-Sandiaga bertolak belakang dengan pasangan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin. Pantauan Alinea, pasangan tersebut tiba pukul 09.30 WIB. Keduanya serasi mengenakan pakaian berwarna putih. Tampak pengawalan ketat dari paspampres yang mengenakan kaos berkerah warna merah. 

Begitu tiba, Jokowi dan Ma'ruf langsung masuk ke dalam gedung. Keduanya tampak tersenyum. Namun sayang, pasangan tersebut tidak berkomentar sedikit pun.

Sejumlah pimpinan parpol juga hadir dalam kesempatan itu. Mereka langsung menuju tempat yang telah disediakan sebelum secara resmi mendaftarkan pasangan calon Jokowi-Ma'ruf kepada KPU pada pukul 10.00 WIB.

Ratusan relawan pendukung mereka mengiringi pendaftaran pasangan calon sebagai peserta. Nampak pula kehadiran para pemuda menggunakan pakaian adat dari berbagai provinsi di Indonesia. Mulai dari adat Betawi, Kalimantan, Papua, dan lain sebagainya. 

Sekitar pukul 8.50 WIB, Jokowi datang di Gedung Joang didampingi Maruf Amin, serta ditemani sejumlah pejabat seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, dan juga para petinggi partai pendukung Jokowi-Maruf Amin.

Berbagai mobil hias pun turut mengantar pendaftaran sang petahana ke KPU pagi tadi.


Berita Terkait