sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Buka Kongres NasDem, Anies singgung ucapan lawas Surya Paloh

Dalam sambutannya, Anies menyinggung pentingnya persatuan dalam perbedaan. 

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Jumat, 08 Nov 2019 22:14 WIB
Buka Kongres NasDem, Anies singgung ucapan lawas Surya Paloh

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi membuka Kongres II Partai NasDem di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11). Dalam sambutannya, Anies menyinggung pentingnya persatuan dalam perbedaan. 

"Hebatnya Indonesia dibanding tempat lain. Ada bangsa yang beragam, bhineka tapi berbeda dengan Indonesia. Di sini ada keberagaman tapi ada persatuan Indonesia. Itu yang unik dari Indonesia," ujar Anies.

Anies meyakini Partai NasDem kelak akan menjadi motor penjaga persatuan di Tanah Air. Hal itu, kata Anies, terlihat dari sikap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang sangat menjunjung tinggi demokrasi.

Anies mengingat saat Paloh menyampaikan sambutan dalam deklarasi Partai NasDem pada 2010 lalu. Ketika itu, menurut Anies, Paloh mengatakan perbedaan dalam demokrasi adalah hal yang sangat wajar.

"Bang Surya Paloh dalam beberapa waktu ini memberikan contoh kita berada dalam demokrasi. Dalam demokrasi ada perbedaan, ada pandangan berbeda. Saya ingat di dalam deklarasi waktu itu, ketika kami bacakan, ketika tahun 2010 kalimatnya sangat relevan," urainya.

Anies merupakan salah satu deklarator ormas Gerakan Nasional Demokrasi (NasDem). Menurut Anies, meskipun telah bertransformasi menjadi partai politik, NasDem masih memegang teguh cita-citanya saat deklarasi tersebut.

"Gerakan Nasional Demokrat mencita-citakan demokrasi yang matang menjadi tempat persandingan keberagaman dengan kesatuan, dinamika dengan ketertiban, kompetisi dengan persamaan, kebebasan dengan kesejahteraan, keseimbangan seperti itulah yang harus dituntaskan di Indonesia," ungkapnya.

Lebih jauh, Anies berharap Partai NasDem bisa menjaga cita-cita tersebut. Ia berharap Partai NasDem bisa turut berkontribusi menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sponsored

"Saya menyadari, persis di Jakarta, hampir tidak mungkin membangun persatuan dalam ketimpangan. Membangun persatuan harus dalam kesetaraan," ujarnya.

Anies sebelumnya tiba di lokasi Kongres NasDem sekitar pukul 19.10 WIB. Pria yang digadang-gadang bakal diusung NasDem sebagai kandidat calon presiden di Pilpres 2024 itu terlihat disambut langsung oleh Surya Paloh.