sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Demokrat diprediksi merapat ke koalisi Jokowi demi AHY

AHY digadang-gadang bakal menjadi kandidat kuat capres di Pilpres 2024.

Christian D Simbolon
Christian D Simbolon Senin, 29 Jul 2019 21:32 WIB
Demokrat diprediksi merapat ke koalisi Jokowi demi AHY

Pakar politik Dewi Fortuna Anwar meyakini Partai Demokrat bakal ngebet merapat ke koalisi parpol pendukung pemerintah alias Koalisi Indonesia Kerja (KIK(). Menurut Dewi, Demokrat perlu merapat demi memastikan satu jatah menteri untuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

"Demokrat bisa jadi masuk ke pemerintahan dengan harapan bisa membuat Mas Agus (AHY) masuk kabinet," kata Dewi kepada wartawan usai bedah buku berjudul 'Revolusi, Diplomasi, Diaspora: Indonesia, Tiongkok dan Etnik Tionghoa 1945-1947' di Jakarta, Senin (29/7).

Menurut Dewi, Demokrat perlu mengasah kemampuan putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu memimpin di pemerintahan. Pasalnya, AHY digadang-gadang bakal menjadi salah satu kandidat presiden di Pilpres 2024. 

Posisi menteri, menurut Dewi, setidaknya bisa menjadi ajang pemanasan bagi AHY. "Pada 2024, Jokowi kan enggak running lagi. Macam-macam parpol akan mengadu calon baru," katanya.

Sponsored

Selain Demokrat, Dewi memprediksi PAN yang terbiasa 'main dua kaki' punya peluang merapat ke koalisi pemerintahan. Di sisi lain, menurut dia, PKS dan Gerindra bakal tetap berada di kubu oposisi. 

"Kalau Gerindra, menurut saya tidak bermartabat kalau masuk koalisi dan tidak sehat bagi demokrasi. Tetapi, bukan berarti hubungan baik tidak diteruskan," kata Dewi. (Ant)