sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Demokrat tawarkan 14 program partai untuk pemerintah

Politikus Demokrat Syarif Hasan mengatakan partainya punya 14 program penting yang diharapkan dapat dijalankan pada pemerintahan mendatang.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Sabtu, 29 Jun 2019 15:30 WIB
Demokrat tawarkan 14 program partai untuk pemerintah

Politikus Partai Demokrat Syarif Hasan mengatakan partainya memiliki 14 program penting yang diharapkan dapat dijalankan pada pemerintahan mendatang. Hal itu dinilai lebih penting dibandingkan dengan memperebutkan jatah kursi menteri.

“14 program kami ini adalah aspirasi rakyat dan baiknya pemimpin menjalankan itu. Kalau ini dijalankan ke depannya rakyat akan lebih sejahtera,” ujar Syarif di bilangan Jakarta Pusat, Sabtu (29/6).

Empat belas program tersebut, antara lain ciptakan lebih banyak lapangan kerja, termasuk untuk milenial dan perempuan, serta membatasi tenaga kerja asing; kelola keuangan dan tingkatkan pelayanan BPJS dengan mengutamakan golongan kurang mampu; berikan subsidi listrik untuk golongan kurang mampu dan sediakan secara cukup BBM Premium; pertahankan subsidi pupuk untuk petani; dan setop impor pangan ketika musim panen.

Kemudian, tingkatkan gaji pegawai, termasuk guru, TNI, Polri, dan pensiunan, agar memiliki daya beli yang baik; longgarkan pajak, termasuk dunia usaha agar bisa tumbuh baik dan bisa tingkatkan upah buruh; bantu dan lindungi UMKM, termasuk pedagang kecil dan angkutan kota; angkat secara bertahap guru dan pegawai honorer dan tingkatkan kesejahteraan perangkat desa; kontrol dan batasi utang pemerintah dan BUMN agar tak bebani anak cucu.

Lalu, lanjutkan pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur pedesaan, sesuai kemampuan keuangan negara; berikan perlindungan hukum kepada rakyat secara adil dan jamin kebebasan berbicara termasuk kemerdekaan pers; jaga kebhinekaan dan kerukunan antar identitas (SARA) dan cegah perpecahan bangsa; dan lanjutkan dan tingkatkan program pro rakyat SBY, seperti BOS,BPJS, bantuan lansia, disabilitas, dan bencana, PKH, Raskin, BLT/BLSM, KUR, PNPM, dan lain-lain, untuk kurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial.

Menurut Syarif, meski Partai Demokrat berharap 14 program tersebut dijalankan oleh pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, namun belum ada pembahasan lebih konkret antara kedua belah pihak. Syarif menyatakan, setelah Mahkamah Konstitusi membacakan hasil putusannya, Partai Demokrat belum melakukan komunikasi atau pertemuan dengan partai koalisi Jokowi-Ma’ruf.

Ia mengatakan Partai Demokrat tidak akan gegabah menentukan arah koalisi, dan akan menggunakan waktu sebelum pelantikan dengan efektif.

“Nanti akan ada rapat dengar suara dari masing-masing DPD dan kemudian diserahkan ke petinggi partai, salah satunya Pak SBY,” ucapnya.

Sponsored