sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Dibantah Prabowo, Dahnil klarifikasi pernyataannya sendiri

Dahnil sempat menyebut Prabowo tidak akan mengambil gajinya sebagai Menhan.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Kamis, 31 Okt 2019 20:37 WIB
Dibantah Prabowo, Dahnil klarifikasi pernyataannya sendiri

Juru bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengklarifikasi peryataannya sendiri terkait gaji Prabowo sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Menurut Dahnil, tidak ada miskomunikasi antara dia dan Prabowo. 

"Tidak ada yang miskom. Pernyataan ini dibuat Pak @prabowo setelah disampaikan pihak @Kemhan_RI dan sekretariat negara bahwa gaji dan lain-lain harus diterima, dan dipersilakan kpd beliau untuk menggunakannya untuk disumbangkan atau lainnya. Maka, beliau taat aturan dan azas. Terimakasih," tulis Dahnil di akun Twitter pribadinya @Dahnilanzar, Kamis (31/10).

Sebelumnya, Dahnil menyebut Prabowo tidak akan menerima gajinya sebagai Menhan. Namun, Prabowo membantah hal tersebut. Kepada wartawan, ia mengatakan, wajib menerima gaji sebagai pejabat negara. 

"Saya enggak tahu dari mana itu. Masa kita enggak terima gaji? Kita akan terima gaji dan itu kita pakai untuk keperluan yang sebaik-baiknya," kata Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dahnil pun menjelaskan, nantinya gaji Prabowo tersebut akan disumbangkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan, semisal yayasan kanker, lembaga zakat, dan rumah ibadah. "Betul, beliau ingin memaknai jabatan publik sebagai pengabdian," ujar Dahnil.

 

Selain soal gaji, Prabowo juga dikabarkan bakal merenovasi ruangannya di Kemhan menggunakan biaya pribadi. Terkait hal itu, Wamenhan Wahyu Sakti Trenggono yang memberikan klarifikasi. 

Sponsored

Menurut Trenggono, rencana tersebut belum pernah ia dengar sebelumnya dari Prabowo. "Saya belum mengetahui kabar itu. Belum ada kok renovasi-renovasi," kata Trenggono di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (31/10).

Dalam beberapa hari terakhir, Trenggono mengatakan, ia dan Prabowo selalu bersama. Karena itu, ia mengaku kaget mendengar rencana tersebut. "Kita kan lagi bareng-bareng terus nih. Dari kemarin ke Mabes TNI, masih bareng-bareng," kata dia. 

Rencana renovasi ruang kerja Prabowo di Kemhan sebelumnya diembuskan anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Habiburokhman. Menurut Habiburokhman, Prabowo akan merogoh kocek sendiri dalam renovasi tersebut.