sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

DPR soroti faskes penanganan Covid-19

Pemerintah didorong buat akses keuangan melalui APBN.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Senin, 16 Mar 2020 16:44 WIB
DPR soroti faskes penanganan Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan sudah saatnya pemerintah membuat regulasi dan akses keuangan, baik melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), guna memaksimalkan infrastruktur fasilitas kesehatan (faskes) secara prima untuk menangani pandemi coronavirus atau Covid-19.

Hal itu dikatakan Dasco, sebagai respons atas kurang optimalnya prosedur penangan pasien di setiap faskes, termasuk adanya beberapa petugas medis yang ikut terpapar coronavirus lantaran minimnya perlengkapan yang ada.

"DPR RI meminta kepada pemerintah untuk membuat regulasi dan akses keuangan, baik itu APBN atau pun APBD guna memaksimalkan pelayanan dari tenaga medis secara prima untuk menangani pasien yang terjangkit virus corona," terang Dasco di Jakarta, Senin (16/3).

DPR, kata Dasco juga meminta pemerintah segera membuat mekanisme dan standar operasional prosedur (SOP) yang jelas bagi para tim medis.

Langkah ini penting dilakukan sebagai upaya agar mereka tidak terjangkit dan menjadi korban penularan dari virus ini lagi.

Sebagai usulan, misalnya para tim medis mendapatkan pelindungan yang memadai dari penularan penyakit tersebut. Salah satunya dengan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai standar.

"Tidak hanya itu, SOP juga penting untuk mengatur jam kerja dari tenaga medis dan para medis mendapat perhatian khusus," ujar politikus Gerindra ini.

Menurut dia, jika jam kerja tak diperhatikan, maka bisa dipastikan sulit bagi tim medis untuk menjaga imunitasnya. Imbasnya mereka akan sangat rentan jatuh sakit dan terinveksi virus.

Sponsored

Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa klik link berikut https://www.alinea.id/air/covid-19

Berita Lainnya