sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ekonomi rakyat terguncang, subsidi listrik diminta diperpanjang hingga akhir 2021

Keputusan memperpanjang subsidi listrik hingga Maret 2021 dianggap tidak tepat.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Selasa, 05 Jan 2021 09:30 WIB
Ekonomi rakyat terguncang, subsidi listrik diminta diperpanjang hingga akhir 2021
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Pemerintah diminta untuk memperpanjang stimulus iuran listrik bagi masyarakat hingga akhir 2021, bukan hingga Maret 2021. Pasalnya, ekonomi rakyat dinilai masih terguncang.

"Karena itu, sangat tidak tepat kalau pemerintah malah program stimulus listrik PLN ini hanya sampai Maret 2021. Pemerintah wajib untuk terus membantu meringankan beban masyarakat sampai pandemi ini benar-benar telah melandai dan masyarakat siap untuk bangkit," ujar anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto dalam keterangannya, Selasa (5/1).

Mulyanto menambahkan, perpanjangan subsidi listrik hingga akhir tahun perlu dilakukan. Sebab, dia merasa ekonomi masyarakat masih teguncang akibat pandemi Covid-19. Bantuan itu dinilainya dapat meringankan beban masyarakat.

"Saya minta program ini dilaksanakan jangan hanya sampai bulan Maret 2021. Tetapi dilanjutkan hingga akhir tahun 2021," ujar dia.

Menurutnya, selama aktivitas sosial kemasyarakatan belum pulih seperti sedia kala, maka pemerintah dapat memberikan bantuan subsidi listrik.

Mengacu pada data jumlah kasus positif Covid-19 harian yang terus meningkat, Mulyanto menilai kondisi saat ini masih belum kondusif bagi masyarakat untuk beraktivitas seperti biasa. Untuk itu, diperlukan kompensasi dari pemerintah agar kebutuhan hidup masyarakat dapat terpenuhi.

"Program vaksinisasi belum berjalan sehingga masyarakat masih rentan terpapar penularan Covid-19 ini. Mereka masih membutuhkan bantuan pihak pemerintah," imbuh Mulyanto.

Menurutnya, program stimulus listrik telah membantu meringankan beban rakyat. Hal itu diyakininya setelah mendengar aspirasi dari sejumlah kolega ke dapilnya.

Sponsored

Seperti diketahui, pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bantuan keringanan biaya listrik hingga Maret 2021. Subsidi ini akanĀ terhitung 7 Januari 2021.

Selama pandemi, pemerintah memang telah memberikan bantuan listrik dalam bentuk stimulusĀ untuk daya 450 VA dan 900 VA. Program tersebut diberikan untuk meringankan beban masyarakat yang tidak mampu dan rentan dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

Bagi pelanggan rumah tangga, stimulus tersebut telah diberikan sejak April 2020 serta pelanggan bisnis dan industri kecil sejak Mei 2020.

Berita Lainnya
×
img