sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Golkar siapkan figur capres untuk Pilpres 2024

Upaya tersebut akan dimulai pada musyawarah nasional yang rencananya digelar pada Desember 2019.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Rabu, 24 Jul 2019 20:33 WIB
Golkar siapkan figur capres untuk Pilpres 2024
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 23165
Dirawat 15870
Meninggal 1418
Sembuh 5877

Partai Golkar akan merancang regenerasi kepartaian guna mempersiapkan figur untuk maju sebagai calon presiden dalam Pilrpres 2024. Absennya kader Golkar dari kursi RI-1 pascareformasi, membuat partai berlambang beringin bertekad mengembalikan kejayaan.

Politikus Partai Golkar Lawrence Siburian mengatakan, upaya tersebut akan dimulai pada musyawarah nasional yang rencananya digelar pada Desember 2019.

"Munas kali ini tak sama dengan munas sebelumnya. Tak hanya pemimpin partai, tetapi proses regenerasi pemimpin bangsa 2024," ujar Lawrence dalam diskusi "Berebut Kursi Partai Beringin" yang diselenggarakan Alinea.id di Jakarta, Rabu (24/7).

Menurutnya, Pilpres 2024 akan menjadi kontestasi seru mengingat akan muncul banyak figur baru dalam persaingan. Perhelatan tersebut juga akan menjadi momen bagi Golkar untuk mengusung calon yang dapat bersaing merebut hati masyarakat yang didominasi angkatan baru. 

Karena itu Golkar akan merancang matriks untuk kader maupun figur di luar partai, yang memiliki kapasitas sebagai pemimpin di masa depan. Menurut Lawrence, Golkar amat memiliki kepentingan mengenai siapa yang akan menjadi presiden.

Lawrence menegaskan, Partai Golkar sangat menginginkan ada kadernya yang maju dalam Pilres 2024. Apalagi pascareformasi, Golkar belum pernah memenangkan kontestasi di level eksekutif.

"Kami sudah bermimpi sejak lama. Nanti 2024 kami tentunya menginginkan yang menjadi presiden adalah dari Partai Golkar," ucapnya.

Lawrence mengatakan, mimpi ini juga harus menjadi fokus bagi kader yang akan bersaing dalam pemilihan ketua umum Golkar. Kader yang berkompetisi, diharapkan merupakan figur yang dapat mewujudkan mimpi tersebut.

Sponsored

Hal senada disampaikan pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno. Menurutnya, menciptakan figur calon presiden merupakan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Partai Golkar.

Adi menilai hal ini penting bagi Golkar untuk meneguhkan keberhasilan mereka di kancah pemilu legislatif. Dengan demikian, Golkar tak hanya kuat di parlemen, tapi juga memiliki kader terbaik di level eksekutif. 

"Kita tahu bahwa Golkar selama ini gagal menang dalam kancah eksekutif. Maka dari itu saya rasa masyarakat menunggu ada figur Golkar menjadi calon presiden, bukan wakil presiden. Karena secara tren Golkar sudah sangat kuat," kata Adi.

Berita Lainnya