sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Hardiknas, DPR minta infrastruktur PJJ dibenahi

Hardiknas momentum tepat untuk memetakan persoalan pendidikan dan menghadirkan solusinya.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Minggu, 02 Mei 2021 09:16 WIB
Hardiknas, DPR minta infrastruktur PJJ dibenahi

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mendesak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) cari penyebab anak putus sekolah kala pandemi Covid-19.

Menurut Puan, tema "Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar" pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 kali ini merupakan momentum tepat untuk memetakan persoalan dan menghadirkan solusinya.

“Apakah karena terkendala pembelajaran jarak jauh (infrastruktur), atau anak berhenti sekolah karena persoalan ekonomi keluarga akibat pandemi,” ujar Puan dalam keterangannya, Minggu (2/5).

Selain itu, ia juga mendorong pemerintah membenahi infrastruktur pembelajaran jarak jauh (PJJ) agar merata di seluruh daerah sebagai syarat mutlak yang harus dipenuhi pemerintah. “Agar merata dan tidak terjadi kesenjangan infrastrukur PPJ atau online antar daerah dan wilayah,” katanya.

Untuk mencegah semakin lebarnya kesenjangan pendidikan, politikus PDI-Perjuangan itu meminta Kemendikbud-Ristek menguji efektivitas PJJ, serta kualitas tenaga pendidik, peserta didik, dan materi pembelajarannya.

Apalagi, sambungnya, PJJ yang mensyaratkan infrastruktur digital, akses internet, serta perangkat pendukung lainnya. “Karena pendidikan adalah hak, kebutuhan dasar, dan harus mampu mewujudkan national and charachter building,” tutup Puan.

 

 

Sponsored
Berita Lainnya