sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi bakal anugerahkan Bintang Mahaputera ke Gatot Nurmantyo

Presiden Jokowi bakal kembali memberikan penghargaan ke sejumlah tokoh.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Selasa, 03 Nov 2020 16:37 WIB
Jokowi bakal anugerahkan Bintang Mahaputera ke Gatot Nurmantyo
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 557.877
Dirawat 77.969
Meninggal 17.355
Sembuh 462.553

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal kembali memberikan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional hingga Bintang Mahaputera kepada sejumlah tokoh. Proses penganugerahan akan berlangsung pada Selasa (10/11) dan Rabu (11/11) mendatang. 

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat akan mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera.

“Presiden akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional (PN) dan Bintang Mahaputera (BM). Yang dapat gelar Pahlawan Nasional, antara lain, SM Amin dan Soekanto dan yang dapat Bintang Mahaputera antara lain, Gatot Nurmantyo dan Arief Hidayat,” ujar Mahfud dalam akun twitternya, Selasa (3/11).

Mantan Ketua MK ini menjelaskan, penganugerahan dari kalangan mantan panglima TNI bukan hanya untuk Gatot Nurmantyo.

"Ya, semua mantan panglima dan semua mantan menteri serta Pimpinan Lembaga Negara yang selesai satu periode juga dapat BM. Itu harus diberikan tanpa pandang bulu,” tutur Mahfud.

Diketahui, Gatot Nurmantyo merupakan Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI). Belakangan ini sejumlah aktivis KAMI ditangkap dan diperiksa polisi atas dugaan menebar kebencian berbau SARA.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga menganugerahkan penghargaan Bintang Mahaputra Nararya kepada Fadli Zon dan Fahri Hamzah. Keduanya dikenal sebagai sosok politikus kritis kepada pemerintah.

"Dalam rangka HUT Proklamasi RI ke-75, 2020, Presiden RI akan memberikan bintang tanda jasa kepada beberapa tokoh dalam berbagai bidang. Fahri Hamzah @Fahrihamzah dan Fadli Zon @fadlizon akan mendapat Bintang Mahaputra Nararya. Teruslah berjuang untuk kebaikan rakyat, bangsa, dan negara,” tulis Mahfud melalui akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd, Senin (10/8).

Sponsored

Ia menyebut, pemberian penghargaan terhadap Fahri Hamzah dan Fadli ZOn telah sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Berita Lainnya