sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kominfo catat peningkatan peserta program Siber Kreasi

Kominfo miliki program pelatihan khusus yaitu School of Influencer.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Rabu, 02 Sep 2020 12:48 WIB
Kominfo catat peningkatan peserta program Siber Kreasi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 557.877
Dirawat 77.969
Meninggal 17.355
Sembuh 462.553

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat terjadi peningkatan peserta program Siber Kreasi 2019. Program itu, diduga sebagai ajang untuk membentuk influencer atau pemengaruh.

"Pada 2018, jumlah Siber Kreasi adalah 39.740 peserta, sedangkan 2019 sebanyak 195.000 peserta untuk ikuti gerakan literasi nasional Siber Kreasi," tutur Sekjen Kominfo Rosita Niken Widiastuti, saat rapat kerja Laporan keuangan Tahun AnggaranĀ 2019 bersama Komisi I DPR RI, Rabu (2/9).

Dalam program tersebut, terdapat pelatihan khusus yakni School of Influencer atau Sekolah Pemengaruh. Mengutip situs siberkreasi.id, School of Influencer merupakan inisiatif untuk membangun literasi digital melalui pengembangan konten positif di internet. Inisiatif itu mengajak anak muda Indonesia untuk memproduksi konten kreatif melalui video, gambar, artikel, blog atau vlog.

Niken menerangkan, porgram Siber Kreasi merupakan sebuah gerakan literasi digital guna mempercepat kecapakan masyarakat untuk membuat konten poisitif.

"Ini adalah pelatihan untuk masyarakat agar masyarakat mampu gunakan internet memilih, mengolah, membuat informasi dan mampu fact checking, dan mampu produksi promosi produk mereka melalui internet," tutur Niken.

Selain itu, program itu dilaksanakam guna membentuk masyarakat terhadap antikonten negatif seperti hoaks, cyber bullying, ujaran kebencian, pornografi, hingga konten memuat unsur SARA yang bertebaran di dunia maya.

Di samping itu, Kominfo juga mencatat terjadi peningkatan peserta dalam programĀ Digital Talent Scholarship. Program itu ditujukan untuk mengurangi kesenjangan kemampuan digital Indonesia, dan menyiapkan tenaga terampil yang sesuai dengan permintaan industri, terutama menyiapkan tenaga terampil menghadapi industi 4.0.

Pelaksanaan program itu dilakukan dengan meningkatkan kompetensi dan pengetahuan bagi mahasiswa, pelajar, tenaga pengajar SMK, pelaku industri, dan ASN.

Sponsored

"Pada 2019, Kominfo telah lakukan pelatihan Digital Talent Scholarship sebanyak 26,828 peserta, tercapai 107% dari target 25,000 peserta," ucapnya.

Berita Lainnya