sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Konflik Ganjar vs Puan, CSIS ingatkan PDIP saat ditekan Orba

Ketua Umum PDIP Megawati punya cara sendiri selesaikan konflik Ganjar vs Puan.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Jumat, 28 Mei 2021 16:15 WIB
Konflik Ganjar vs Puan, CSIS ingatkan PDIP saat ditekan Orba

Pengamat Politik Centre for Strategic and International Studies (CSIS), J. Kristiadi mengatakan, konflik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bukan hal penting yang perlu dibahas dalam dinamika partai.

Kristiadi kemudian menyinggung kondisi partai berlambang banteng moncong putih itu saat mengalami situasi pelik di era Orde Baru. "PDIP itu partai yang bisa menjadi seperti ini melalui perjuangan dengan tetesan air mata dan cucuran darah. Ingat bagaimana Orde Baru mau menggilas PDIP, dengan mesin negara," kata Kristiadi dalam diskusi virtual Para Syndicate bertajuk "Membaca Dinamika Partai dan Soliditas Koalisi Menuju 2024", Jumat (28/5).

Kristiadi meyakini Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri punya cara sendiri untuk menyelesaikan konflik petugas partainya. Ibarat petinju yang kerap berlatih, dia mengatakan Megawati punya insting politik yang baik untuk menyudahi konflik Ganjar-Puan. "Jadi menurut saya, kalau urusan-urusan seperti kasus Ganjar-Puan itu, Mbak Mega udah banyak pengalamannya," kata dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, konflik Ganjar-Puan merupakan dinamika politik partai yang biasa. Hasto menyebut, partainya punya cara untuk meredam situasi. "Yang terjadi di Jawa Tengah itu dinamika politik yang biasa," kata Hasto dalam diskusi yang sama.

Sponsored

Hasto mengatakan, apa yang terjadi antara Ganjar dan Ketua DPP Puan Maharani juga terjadi pada pencalonan Presiden Joko Widodo (Jokowi), mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok), mantan Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat, mantan Wali Kota Surabaya yang kini menjadi Menteri Sosial, Tri Rismaharini (Risma) dan sebagainya.

"Semua menunjukan dialektika di internal PDIP. Tetapi kami punya kultur, mekanisme di dalam mengalahkah seluruh dialektika tersebut bagi kesiap-siagaan partai dalam menyongsong pemilu," ujar Hasto.

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Sabtu, 12 Jun 2021 08:10 WIB
Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Jumat, 11 Jun 2021 07:19 WIB
Berita Lainnya