sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Megawati: Pancasila perlu dijalankan konsisten di tengah pagebluk

Megawati ajak kader terapkan nilai-nilai Pancasila di HUT PDIP.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Minggu, 10 Jan 2021 20:07 WIB
Megawati: Pancasila perlu dijalankan konsisten di tengah pagebluk
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Megawati Soekarnoputri menyebut nilai-nilai Pancasila perlu dijalankan dengan benar dan konsisten di tengah pagebluk Covid-19. Pasalnya, pandemi Covid-19 telah memaksa dunia untuk masuk dalam peradaban baru.

"Dunia dipaksa untuk masuk dalam peradaban baru yang justru seharusnya membuka mata batin, pikiran, dan jiwa kita. Inilah saatnya kita untuk benar-benar dan konsisten dan sungguh-sungguh dan menerima menjalankan Pancasila," kata Megawati, saat memberikan sambutan di HUT ke-48 PDI-P, disiarkan secara virtual, Minggu (10/1).

Menurutnya, Pancasila tidak sekedar menjadi jargon belaka, namun nilai-nilainya perlu diimplementasikan di Indonesia.

"Di saat krisis seperti ini, keimanan kita kepada Allah SWT diuji. Diuji untuk tetap berjuang dengan ikhtiar dan tawakal. Bagi kemanusian dengan sebuah semangat persatuan," tutur dia.

"Hidupkan semanagat kekeluargaan dan gotong royong yang dipimpin oleh suatu kebijaksanaan, yang mengupayakan negara tetap dapat memelihara hidup dan penghidupan yang sejahtera, tertib, dan damai. Suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," imbuh Mega.

Pandemi Covid-19, lanjut Mega, seakan telah membenarkan hukum evolusi yang memperlihatkan bahwa pergantian alam, perubaham zaman atau masyarakat selalu diikuti perubahan cara hidup.

"Dasar dari segala upaya itu adalah keselamatan, kebahagiaan hidup rakyat serta tetap hidupnya kepribadian bangsa," kata dia.

Untuk menjaga hukum evolusi agar tidak menjadi penghalang kemajuan, kata Mega, maka diperlukan hukum positif yang menjamin keberlangsungan kemajuan ekonomi, kesusilaan, kebudayaan, dan pemerintahan yang berjalan dengan kebajikan.

Sponsored

"Pertimbangan tersebut yang melandasi tema HUT PDIP ke-48 Tahun Mewujudkan Indonesia Berkepribadian Dalam Kebudayaan," pungkas Megawati.

Berita Lainnya