sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menakar capres-cawapres yang dibutuhkan

Indonesia dipandang membutuhkan pemimpin yang mengerti ekonomi.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Sabtu, 14 Mei 2022 19:52 WIB
Menakar capres-cawapres yang dibutuhkan

Political Economy and Policy Studies (PEPS) melihat sosol pemimpin yang harus dimiliki sebagai presiden adalah pribadi yang memahami persoalan terkait ekonomi. Apalagi, dalam dua tahun lagi Indonesia akan menyambut pesta demokrasi lewat Pemilihan Presiden 2024.

Managing Director PEPS, Anthony Budiawan mengatakan, kebutuhan pribadi presiden seperti itu karena saat ini Indonesia sedang dirusak mulitdimensional dan negara dikuasai oligarki. Situasi KKN yang menggila dan menjadikan rakyat menderita tengah terjadi. 

"Indonesia butuh pemimpin nasionalis dan paham ekonomi, untuk membela kepentingan bangsa, negara dan rakyat, memberantas mafia ekonomi dan oligarki," kata Anthony dalam cuitannya di media sosial Twitter, Sabtu (14/5).

Anthony menyebut, kondisi ekonomi yang saat ini begitu rentan juga menjadi alasan lainnya. Harapannya, segala macam kesenjangan sosial dan keadilan dalam lingkup ekonomi dapat terwujud.

"Struktur ekonomi Indonesia saat ini sangat rapuh, permasalahan ekonomi sangat mendasar (yaitu) Indonesia butuh pemimpin yang benar-benar paham ekonomi untuk membangun ekonomi berkeadilan (seperti) membasmi kemiskinan dan mengurangi kesenjangan sosial. Jangan salah pilih. Selamatkan Indonesia," ucap Anthony.

Sementara, pendiri sekaligus Komisaris Lembaga Survei Kedai Kopi, Hendri Satrio, menyebutkan sinyalemen pergeseran kriteria calon presiden untuk pengganti Jokowi pada 2024. Menurut dia, jika sebelumnya masyarakat menginginkan presiden yang merakyat dan cerdas, sekarang kriteria cerdas menjadi lebih dominan.

Para analis menyebut pemimpin cerdas di Indonesia adalah Rizal Ramli (RR), selain Anis Baswedan Prabowo. Menurut pakar hukum tata negara Refly Harun, RR adalah tokoh yang sangat pantas diperhitungkan untuk maju Pilpres.

Namun, Hendri memprediksi akan ada dua pasang calon yang akan bertarung pada Pilpres 2024. Keduanya adalah pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani dan Ganjar Pranowo-Anies Baswedan.

Sponsored

"Itu masih tentative, sebab krisis ekonomi dan sosial terus membayangi sehingga calon capres capres bisa berubah. Rakyat membutuhkan  Pemimpin Cerdas dan amanah, tentu Rizal Ramli, Prabowo, Anis Baswedan sangat pantas dipertimbangkan," tuturnya.

Berita Lainnya