sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mikrofon mati saat Fraksi Demokrat bicara, ini kata Sekjen DPR

Demokrat tuding Puan Maharani matikan mikrofon saat rapat paripurna RUU Ciptaker.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Selasa, 06 Okt 2020 14:56 WIB
Mikrofon mati saat Fraksi Demokrat bicara, ini kata Sekjen DPR
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 406.945
Dirawat 58.868
Meninggal 13.782
Sembuh 334.295

Insinden mikrofon mati mewarnai sidang paripurna pengesahan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) kemarin, Senin (5/10), saat anggota Fraksi Demokrat menyampaikan interupsi.

Terkait hal itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menegaskan, pimpinan sidang hanya menjalankan tugas untuk menjaga ketertiban peserta rapat saat menyampaikan pendapat.

Indra menjelaskan, semua fraksi diberi waktu dan kesempatan untuk berbicara secara bergantian. "Jika sampai dimatikan mikrofonnya, itu hanya untuk menertibkan lalu lintas interupsi, pimpinan punya hak mengatur jalannya rapat,” kata Indra dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (6/10/2020).

Pimpinan rapat, lanjut Indra, tidak bermaksud menghalangi Fraksi Demokrat berbicara, namun ingin memberi kesempatan fraksi lain untuk menyampaikan pendapatnya.

“Supaya tidak ada tabrakan audio yang membuat hang, maka perlu diatur lalu lintas pembicaraan,” ujarnya.

Dijelaskan Indra, mikrofon dalam ruangan rapat paripurna DPR RI kemarin sudah diatur otomatis mati setelah lima menit digunakan.

Sehingga, jelas dia, masing-masing fraksi memiliki kesempatan yang sama untuk menyampaikan pandangannya dan rapat bisa berjalan efektif, baik dari sisi waktu dan substansi. 

Diketahui, politikus Demokrat Rachland Nashidik kecewa atas insiden mikrofon mati saat rekan separtainya, Irwan Fecho, sedang bicara dalam rapat paripurna kemarin. Dia menuding Ketua DPR Puan Maharani berada di balik matinya mikrofon tersebut.

Sponsored

"Puan Maharani telah melakukan "contempt of parliament" karena mematikan mic saat @irwan_fecho tengah menyampaikan pendapat. Tindakan Puan itu menghalangi anggota DPR terpilih dari Fraksi Partai Demokrat dalam menjalankan tugasnya. Sila periksa definisi contempt of parliament," cuitnya, Selasa (6/10).

 

Berita Lainnya