sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mulan Jameela kaget PLN punya utang Rp694,79 T

Mulan mempertanyakan kemampuan PLN menyediakan listrik untuk rakyat.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Selasa, 25 Agst 2020 20:25 WIB
Mulan Jameela kaget PLN punya utang Rp694,79 T
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 266845
Dirawat 60431
Meninggal 10218
Sembuh 196196

Anggota Komisi VII DPR Mulan Jameela mengaku kaget soal utang PT PLN (Persero) yang tembus Rp 694,79 triliun. Hal itu disampaikannya dalam Rapat Dengar Pendapat DPR dengan Direktur Utama PLN  Zulkifli Zaini di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (25/8).

Utang PLN tersebut, lanjut dia, terdiri dari utang jangka pendek sebesar Rp 157,7 triliun dan utang jangka panjang Rp537 triliun.

Politikus Gerindra ini mendapatkan angka utang tersebut dari laporan keuangan kuartal I Tahun 2020. "Kondisi keuangan seperti itu tentu saja cukup mengagetkan dan tidak sehat,” kata Mulan, sapaan akrabnya.

Mulan kemudian mempertanyakan langkah PLN ke depan dengan besaran utang tersebut, apakah mampu menyediakan listrik, tanpa harus membebani masyarakat dengan menaikkan tarif.

Sponsored

"Dengan kondisi ini, bisakah PLN menjamin ketersediaan listrik nasional tanpa harus menaikkan tarif listrik masyarakat?" tanya Mulan.

Pasalnya, jelas dia, kenaikan tarif listrik akan meresahkan masyarakat. "Lantas langkah apa yang  akan dilakukan PLN untuk mengatasi dan membayar utang?” lanjutnya.

Merespons Mulan, Dirut PLN Zulkifli mengatakan akan menjaga keberlanjutan keuangan PLN dengan baik di tengah pandemi Covid-19.

Berita Lainnya
×
img