sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PAN dukung pemisahan BRIN dengan Kemenristek

Sekjen PAN, Eddy Sopearno, menyatakan, partainya juga mendukung langkah pemerintah membentuk Kementerian Investasi.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Kamis, 15 Apr 2021 12:33 WIB
PAN dukung pemisahan BRIN dengan Kemenristek

Partai Amanat Nasional (PAN) menilai, rencana pemerintah memisahkan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) merupakan pilihan tepat dan sesuai kebutuhan.

"Sehingga memang dirasakan, bahwa BRIN itu harus berdiri sendiri," kata Sekretaris Jenderal DPP PAN, Eddy Soeparno, kepada wartawan, Kamis (15/4).

Lebih lanjut, Eddy meluruskan, pemerintah tidak meminta persetujuan DPR untuk menambah satu pos kementerian baru, Kementerian Investasi. Dia menerangkan, surat ke DPR tentang perubahan nomenklatur hanya bersifat meminta pertimbangan.

"Sebagai etika politik yang baik, ya," jelasnya. "Kalau enggak salah UU Nomor 39 Tahun 2008 Pasal 11 tentang Kementrian Negara itu, presiden punya kewenangan penuh untuk mengatur kementerian dan nomenklatur kementerian."

Atas dasar itu, Eddy menilai, pemerintah telah menjalankan etika politik yang baik. PAN pun enggan memusingkan soal perubahan nomenklatur dan perombakan (reshuffle) kabinet.

Bagi partai berlambang matahari terbit ini, reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presifen Joko Widodo (Jokowi). "Siapa pun ditempatkan di situ figurnya," terangnya.

Eddy menerangkan, PAN hanya dapat mendukung rencana kebijakan pemerintah. Meski demikian, partainya siap mengkritik sejumlah kebijakan yang dirasa kurang berdampak bagi masyarakat.

"Kita akan selalu bersuara jernih, akan memberikan masukan yang sifatnya korektif, kita memberikan masukan yang sifatnya konstruktif, dan apa yang disampaikan oleh PAN itu tentu untuk kepentingan bersama yang positif," tandasnya.

Sponsored
Berita Lainnya