sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PAN dukung TNI-Polri tindak tegas KKB

KKB bahayakan integrasi bangsa, ancam nyawa masyarakat Papua.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Kamis, 29 Apr 2021 11:10 WIB
PAN dukung TNI-Polri tindak tegas KKB

Partai Amanat Nasional (PAN) mendukung pemerintah menindak tegas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Menurut PAN, KKB merupakan kelompok separatis yang bertindak destruktif, anarkis dan meneror masyarakat dengan tujuan untuk memisahkan diri dari Negara Republik Indonesia (NKRI).

"Setiap gerakan separatisme bersenjata harus diambil tindakan tegas dan tuntas oleh TNI sebagai penjaga kedaulatan negara," kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi dalam keterangan yang diterima, Kamis (29/4).

Pernyataan Viva ini menjadi sikap PAN terhadap meningkatnya kerawanan konflik bersenjata di Papua, menyusul gugurnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya.

Yoga menegaskan, jika tidak ditindak tegas, maka aksi kelompok separatis dan teroris (KST) yang terjadi di Papua bisa membahayakan integrasi bangsa dan mengancam nyawa masyarakat Papua. "Jangan lagi ada anggota TNI atau Polri dan masyarakat yang menjadi korban kebiadaban kelompok ini," jelas Viva.

Karena itu, Viva mendorong TNI dan Polri bersikap tegas. "Jangan lembek. Bela NKRI dan jangan sampai merah putih terus tercoreng dengan aksi-aksi mereka," katanya.

Menurut Viva, PAN mendukung langkah dan kebijakan aparat kepolisian untuk menciptakan ketertiban sosial, keamanan, dan kenyamanan masyarakat sebagai hak asasi setiap warga negara Indonesia. Transformasi polisi yang berlandaskan pada konsep Presisi diharapkan dapat diterapkan di lapangan agar pelayanan lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat.

Viva mengatakan, sampai kapan pun Papua tetap bagian dari NKRI. "Untuk itu penyelesaian persoalan Papua secara multidimensi mesti mempertimbangkan pada kearifan lokal, nilai dan budaya otentik, kesejahteraan, dan keadilan, serta pemenuhan kebutuhan dasar warga atas sandang, pangan, dan papan dengan baik," katanya.

"Matahari muncul dari ufuk timur, di bumi Papua. Papua adalah saudara kita, sesama anak bangsa," pungkasnya.

Sponsored
Berita Lainnya