sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

PDI-P dan Gerindra siap mesra di Pilkada 2020

Gerindra membuka peluang koalisi dengan PDI-P di Pilgub Sumbar.

Christian D Simbolon
Christian D Simbolon Senin, 29 Jul 2019 19:02 WIB
PDI-P dan Gerindra siap mesra di Pilkada 2020

Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) siap berkoalisi dengan Gerindra dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Politikus PDI-P Zuhairi Misrawi mengatakan, tidak tertutup kemungkinan PDI-P dan Gerindra bakal mengusung kandidat yang sama di beberapa daerah. 

"Memang setelah pertemuan antara Ibu Mega dan Pak Prabowo bahwa itu menandakan kita menatap masa depan," ujar Gus Mis, sapaan akrab Zuhairi, kepada wartawan di Jakarta Pusat, Senin (29/7).

Sebelumnya, Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengatakan, Gerindra membuka peluang koalisi dengan PDI-P di Pilgub Sumbar pada 2020. 

Nasrul mengatakan, peluang koalisi terbuka lebar setelah Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu, pekan lalu. "Bisa saja kita koalisi untuk pilgub," ujar dia.

Sponsored

Meskipun berada di dua kubu yang berbeda dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Gus Mis mengatakan, hubungan Megawati dan Prabowo tetap terjalin dengan baik. 

Karena itu, ia memandang tak sulit untuk merealisasikan koalisi PDI-P dan Gerindra di Pilkada 2020. "Bahwa tidak ada konflik di antara kedua tokoh ini. Bahkan, keduanya pernah menjadi pasangan capres dan cawapres," ujar dia. 

Zuhairi mengacu kepada momen ketika Megawati maju bersama Prabowo dalam Pilpres 2009. Ketika itu, pasangan Megawati-Prabowo berkompetisi dengan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono serta Jusuf Kalla dan Wiranto. (Ant)