sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Fadel: Pidato Jokowi dalam Sidang MPR jangan biasa-biasa saja

Pidato Jokowi di Sidang Tahunan MPR harus beri harapan.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Sabtu, 08 Agst 2020 16:17 WIB
Fadel: Pidato Jokowi dalam Sidang MPR jangan biasa-biasa saja
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 271339
Dirawat 61628
Meninggal 10308
Sembuh 199403

Fadel Muhammad berharap pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Tahunan MPR tidak biasa-biasa saja, saat masyarakat sedang menghadapi kesulitan di tengah pandemi Covid-19.

"Harus membawa harapan bagi masyarakat yang sedang sulit karena pandemi Covid-19," ujar Wakil Ketua MPR itu dalam Media Expert Meeting bertajuk 'Sidang Tahunan MPR: Konvensi Ketatanegaraan dalam Rangka Laporan Kinerja Lembaga Negara' di Bandung, Jawa Barat, Jumat (7/8).

Dalam kegiatan yang diikuti sebanyak 26 perwakilan media itu, Fadel menyebut saat ini pemerintah sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang berdampak pada lesunya ekonomi.

MPR, sambung dia, berpendapat pemerintah harus berani mengambil langkah-langkah terobosan. "Tidak boleh menunggu. Saat ini kita menunggu. Dana di bank tidak tersalurkan, usaha kecil tidak bergerak, tidak ada kebijakan khusus untuk kredit tanpa agunan," bebernya.

Dia mengaku mendengar sejumlah Pemda seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, dan lainnya menghadapi kesulitan, seperti dalam persoalan pajak.

Fadel juga menyinggung belanja negara yang baru mencapai 30%, politikus Golkar menilai ada yang salah dalam pengelolaan.

"Kalau ini masih berlangsung sampai akhir tahun, kita semakin prihatin pada tahun-tahun mendatang," tuturnya.

Untuk itu, dia mendorong pemerintah harus berani mengambil langkah merestrukturisasi utang, dan mengalihkan dananya untuk UMKM. Fadel khawatir bila pemerintah tidak melakukan langkah terobosan maka keadaan bisa memburuk.

Sponsored

"Saya belum melihat perbaikan yang menjanjikan harapan baru. Kalau presiden tidak menyampaikan sesuatu dalam Sidang Tahunan MPR yang memberi harapan bisa repot," kata Fadel.

Soal Sidang Tahunan MPR, mantan Gubernur Gorontalo itu mengungkapkan Pimpinan MPR telah meminta pimpinan lembaga negara untuk menyiapkan laporan kinerja lembaganya. Laporan itu nantinya dikumpulkan dan dikompilasi untuk dipublikasikan kepada masyarakat.

Berita Lainnya
×
img