sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pilkada Surakarta, fit and proper test PDIP nilai 3 aspek

Sejumlah pengurus pusat menjadi panelis. Macam Djarot Saiful Hidayat dan Puan Maharani.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 10 Feb 2020 15:09 WIB
Pilkada Surakarta, <i>fit and proper test</i> PDIP nilai 3 aspek
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 2273
Dirawat 1911
Meninggal 198
Sembuh 164

Sebanyak tiga calon Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Sekretariat DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Jakarta, Senin (10/2). Seluruhnya kader "banteng moncong putih".

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, mengklaim, terdapat tiga aspek yang menjadi penilaian. Indikator mengusung kandidat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

"(Penilaiannya) dari aspek aspirasi dari seluruh masyarakat yang kita lihat melalui survei. Kemudian, kepemimpinan dan juga komitmen dalam membangun Kota Surakarta," ujarnya, beberapa saat lalu.

Para peserta adalah putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka; Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo; dan Sekretaris DPC PDIP Surakarta, Teguh Prakosa.

Di sisi lain, PDIP Surakarta sebelumnya merekomendasikan pasangan Purnomo-Teguh sebagai kandidat Pilkada 2020. Dasarnya, hasil penjaringan tertutup.

Hasto menambahkan, materi yang akan digali terkait tanggung jawab. Komitmen mereka sebagai kepala daerah nantinya.

"Juga tentu saja aspek leadership. Itu juga penting, tetapi juga konsepsi," ucapnya.

Beberapa pengurus pusat PDIP menjadi panelis uji kepatutan dan kelayakan. Macam Djarot Saiful Hidayat dan Puan Maharani.

Sponsored
Berita Lainnya