sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PKB bantah pencopotan Luqman Hakim karena tak loyal kepada Cak Imin

Isu Luqman dicopot karena tak loyal kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mencuat ke publik.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Kamis, 14 Apr 2022 12:14 WIB
PKB bantah pencopotan Luqman Hakim karena tak loyal kepada Cak Imin

Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal memastikan, pencopotan Luqman Hakim dari jabatan Wakil Ketua Komisi II DPR tidak terkait dengan sikap penundaan Pemilu 2024. Menurutnya, pencopotan Luqman semata-mata demi penyegaran organisasi dan kebutuhan fraksi.

Sebelumnya, isu Luqman dicopot karena tak loyal kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, salah satunya terkait wacana menunda Pemilu 2024 mencuat ke publik. Diketahui, Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar merupakan salah satu ketua umum partai politik yang mendukung wacana penundan Pemilu 2024.

"Enggak ada kaitannya dengan kondisi sekarang kita diadu-dombakan masalah ini, masalah ini enggak ada. Yang beredar (rilis rotasi) sekarang itu bukan dari DPP PKB," ujar Cucun di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/4).

Menurut Cucun, rotasi merupakan hal biasa dalam fraksi, dan PKB tidak melihat siklus maupun siapa yang akan dirotasi. Dia menyebut, rotasi Luqman dari Komisi II ke Komisi IX ditandatangi oleh dirinya sebagai ketua fraksi.

"Misal sekarang Luqman lagi high profile bicara soal pemilu enggak ada kaitannya, ini (rotasi) sudah menjadi agenda kami, agenda apa yang akan ditangkap di Komisi II DPR," kata Cucun.

Cucun menegaskan, rotasi anggota fraksi berkaitan dengan sejumlah agenda khusus PKB di Komisi II DPR. Di antaranya, persiapan agenda Pemilu Serentak 2024, agenda terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang pembentukan provinsi baru di Papua. Juga penunjukkan penjabat (pj) gubernur dan bupati/wali kota hingga Pilkada Serentak 2024. 

"Kita pasang orang siapa yang terbaik di sana (Komisi II)," imbuhnya. 

Oleh karena itu, Cucun mengatakan, rotasi bukan tentang orang yang tepat atau tidak tepat, sebab itu bagian dari kewenangan fraksi. Kata dia, jika rotasi dikaitkan dengan penundaan pemilu, itu hanya sikap pribadi Luqman. Pun Luqman menerima rotasi ini bagian penugasan fraksi. 

Sponsored

"Itu pendapat dia personal dan dia sudah menyampaukan kan bahwa dia mendapat penugasan lain, yang namanya di rumah fraksi dia akan taat dan patuh bagaimana di fraksi," pungkasnya.

Sebelumnya, Luqman mengatakan tak mempersoalkan rotasi dan pencopotannnya dari Komisi II. Sebagai kader, dia mengaku siap untuk ditugaskan dimanapun.

"Saya berterima kasih kepada pimpinan Fraksi PKB DPR RI atas penugasan ini, karena telah memberi kesempatan kepada saya untuk memperoleh pengalaman dan tantangan baru sebagai anggota Komisi IX," ujarnya kepada wartawan, Rabu (13/4) kemarin.

Berita Lainnya