sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Politikus PKB usul Gedung DPR jadi RS darurat Covid-19

Banyak sekali ruangan di Gedung DPR yang bisa disulap jadi ruang perawatan.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Selasa, 24 Mar 2020 20:11 WIB
Politikus PKB usul Gedung DPR jadi RS darurat Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Faisol Riza, mengusulkan agar gedung parlemen bisa digunakan sebagai rumah sakit (RS) darurat Coronavirus atau Covid-19.

"Saya usul Gedung DPR RI diubah menjadi RS darurat tambahan kalau 1.800 kamar di RS Darurat Wisma Atlet tidak cukup menampung pasien Covid-19," ujar Ketua Komisi VI DPR RI Fraksi PKB itu dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa (24/3).

Menurutnya, banyak sekali ruangan di Gedung DPR RI yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang perawatan pasien Covid-19.

Apabila usulan itu disetujui, sambung dia, maka masyarakat yang terpapar Covid-19 akan tertangani dan terlayani dengan baik.

"Insya Allah seluruh pasien Covid-19 tetap dapat ditangani dengan baik," katanya.

Riza mengapresiasi kesigapan pemerintah telah menjadikan Wisma Atlet Kemayoran sebagai RS darurat. Dia berharap semua ruangan yang tersedia cukup untuk menangani pasien Covid-19.

Untuk diketahui, RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat sudah difungsikan, sejak Senin (23/3). Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan atau Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, mengatakan ada 75 pasien yang dirawat di rumah sakit darurat Covid-19 itu.

Dari 75 pasien terdiri, dari 38 pria dan 37 perempuan. Menurut dia, pihaknya belum bisa berikan secara terperinci keterangan para pasien yang menempati rumah sakit darurat tersebut. 

Sponsored

Yudo menegaskan, sejak beroperasi secara resmi tidak ada pasien yang ditolak yang datang ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran. Bahkan, dia menyatakan, pasien dengan gejala ringan saja tetap diterima.

"Sejak, Senin (23/3) sore kan sudah beroperasi dan tidak ada pasien ringan yang ditolak," jelas dia di Jakarta, Selasa (24/3).

Terlepas itu, dia mengatakan, Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat sudah siap secara umum. Hanya saja, tetap dilakukan penyempurnaan. "Secara umum sudah siap, tinggal penyempurnaan sedikit-sedikit," pungkasnya. (Ant)

Memetik laba di tengah pandemi corona

Memetik laba di tengah pandemi corona

Selasa, 31 Mar 2020 17:51 WIB
Nasib pekerja informal yang di ujung tanduk

Nasib pekerja informal yang di ujung tanduk

Senin, 30 Mar 2020 06:10 WIB
Berita Lainnya