sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PKS dukung kader PDIP di pilkada Pandeglang

 Irna telah mengantongi dukungan PDIP untuk kembali maju di pilkada Pandeglang 

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Selasa, 10 Mar 2020 14:29 WIB
PKS dukung kader PDIP di pilkada Pandeglang
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Banten memutuskan untuk mendukung kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Irna Narulita di pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Pandeglang. Irna merupakan petahana Bupati Pandeglang.

Dukungan PKS terhadap kader PDIP ini merupakan hal yang tak biasa. Apalagi pada pilkada sebelumnya, PKS selalu berseberangan dengan PDIP karena perbedaan ideologi. 

"Hasil survei elektabilitas Bu Irna sangat tinggi. Mendukung kader PDIP? Politik ada hitungannya. Misalnya menghitung apakah calon ini disukai masyarakat atau tidak. Ternyata mayoritas masyarakat menyukai dia. Mencintai dia," kata Ketua PKS Banten Sanuji Pentamarta, Selasa (10/3).

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang Abdul Hamid mengatakan, dalam perhelatan politik tidak ada aspek ideologi. Parpol lebih mempertimbangkan potensi kemenangan dan kekuasaan daripada ideologi.

"Biasa, mereka sudah pragmatis. Ancaman cabut dukungan hanya upaya membangun bargaining position saja. Tidak ada aspek ideologis dalam koalisi pilkada," kata Hamdi saat dikonfirmasi.

Suami Irna dinilai sangat memengaruhi keputusan PKS. Suami Irna adalah Dimyati Natakusumah merupakan mantan Bupati Pandeglang dua periode yang sekarang menjabat sebagai anggota DPR dari PKS.

"PKS mendukung Irna sudah bisa diduga, bagaimanapun Dimyati (suami Irna) anggota DPR dari PKS," tuturnya.

Meski, kans kemenangan calon petahan Irna dan menantu Ratu Atut, Tanto W Arban kuat, tetapi peta politik di Pilkada Pandeglang 2020 dinilai masih dinamis. Lantaran baru empat partai yang telah menyuarakan dukungan kepada Irna dan Tanto.

Sponsored

Apalagi pilkada Pandeglang juga diramaikan calon independen yakni, vokalis grup band Jamrud Krisyanto-Hendra Pranova dan Mulyadhi-A Subhan.

"Peta politik masih dinamis dan peluang untuk para calon masih ada. Yang terpenting adalah lolos menjadi calon yang berlaga resmi dalam pilkada," tuturnya.

Irna Narulita yang masih menjabat Bupati Pandeglang telah resmi menjadi kader PDIP. Irna telah mengantongi dukungan PDIP untuk kembali maju di pilkada Pandeglang, didampingi politisi partai Golkar Tanto W Arban, wakil bupatinya saat ini. Selain PDIP, Partai Amanat Nasioanl (PAN) juga telah memberikan rekomendasi dukungan kepada Irna

Berita Lainnya