sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi sebut kunci pulihkan ekonomi sektor kesehatan, PKS: Ini sangat terlambat

Pemerintah diminta format kebijakan penanganan Covid-19.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Selasa, 08 Sep 2020 11:44 WIB
Jokowi sebut kunci pulihkan ekonomi sektor kesehatan, PKS: Ini sangat terlambat
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 278722
Dirawat 61379
Meninggal 10473
Sembuh 206870

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher menilai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa kunci dari pemulihan ekonomi adalah sektor kesehatan termasuk terlambat.

"Pernyataan Pak Jokowi ini sangat terlambat, kenapa baru sekarang? Sejak awal sudah banyak yang mengingatkan jika transmisi virus tidak dikelola dengan baik serta diprioritaskan, maka virus akan terus menyebar dalam waktu yang lama," ujar Netty dihubungi Alinea.id, Selasa (8/9).

Keterlambatan itu, lanjut Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI ini, terlihat dari terus meningkatnya kasus Covid-19 dengan jumlah kasus baru di atas tiga ribuan per hari.

"Pak Jokowi dan jajarannya harus segera mengambil sikap dan menata ulang format kebijakannya. Jangan terlalu meng-anakemaskan ekonomi tapi meninggalkan aspek kesehatan," jelasnya.

Netty juga meminta pemerintah jangan lagi ada pengabaian terhadap pendapat-pendapat sains yang positif. Sudah seharusnya, jelas dia, bencana kesehatan dikembalikan lagi kebijakannya kepada basisnya yakni kesehatan. 

"Saat ini kita saksikan klaster-klaster baru muncul, seperti klaster perkantoran, klaster keluarga dan terakhir klaster pilkada. Jika ini tidak ditangani secara serius dengan kebijakan yang tepat dan ketat, maka akan muncul klaster-klaster lainnya. Dan tentunya kita semua tidak menginginkan hal ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat. Jika penularan coronavirus tidak ditangani dengan baik, maka pemulihan ekonomi akan sulit dilakukan.

"Kunci dari ekonomi kita agar baik adalah kesehatan yang baik. Kesehatan yang baik akan menjadikan ekonomi kita baik. Artinya, fokus kita tetap nomor satu adalah kesehatan," kata Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna yang disiarkan live melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (7/9).

Sponsored

Mantan Gubernur DKI ini meminta, jajarangan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan TNI/Polri untuk mengoptimalkan penanganan Covid-19. Sehingga, Indonesia bisa segera melakukan pemulihan perekonomian.

"Betul-betul agar yang berkaitan dengan urusan Covid-19 menjadi fokus kita, ekonomi akan mengikuti. Jangan sampai kita urusan kesehatan, urusan Covid-19 belum tertangani dengan baik, kita sudah men-starter, restart di bidang ekonomi. Ini sangat berbahaya," tutur Jokowi.

Berita Lainnya