sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PKS: Wajar mahasiswa demo, tekanan ekonomi nyata

Menurut Mardani, tuntutan mahasiswa ini mempunyai dasar fakta yang kuat. Oleh sebab itu, wajar ada demo.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Senin, 11 Apr 2022 11:26 WIB
PKS: Wajar mahasiswa demo, tekanan ekonomi nyata

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mendukung aksi demonstrasi yang dilakukan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di gedung DPR/MPR hari ini, Senin (11/4). Menurutnya, wajar apabila mahasiswa masih menggelar demonstrasi meski Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan sikap terkait wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan.

"Menyatakan pendapat adalah hak setiap warga. Kondisi masyarakat sedang berat, migor (minyak goreng) langka dan harga naik membuat tekanan ekonomi yang nyata," kata Mardani kepada wartawan, Senin (11/4).

Ada sejumlah tuntutan BEM SI dalam aksinya hari ini. Di antaranya mendesak dan menuntut DPR agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

Kemudian, mendesak dan menuntut DPR untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret hingga 11 April 2022.

Lalu, mendesak dan menuntut DPR untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode.

Kemudian, mendesak dan menuntut DPR untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan mahasiswa kepada presiden yang hingga saat ini belum terjawab.

Menurut Mardani, tuntutan mahasiswa ini mempunyai dasar fakta yang kuat. Oleh sebab itu, wajar ada demo.

"Dan karena situasinya merata wajar kalau dari luar daerah juga semangat ikut serta dalam demo ini," ujar dia. Kendati demikian, Mardani mengingat agar aksi mahasiswa harus tetap dalam koridor peraturan dan perundang-undangan.  "Jaga ketertiban, jaga prokes dan buat demo dengan elegan," pungkasnya.

Sponsored
Berita Lainnya

, : WIB

Review Huawei Band 7, lebih tipis lebih ringan

Minggu, 14 Agst 2022 15:26 WIB

, : WIB

, : WIB
×
tekid