sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Politikus PAN: Kader ingin Zulkifli Hasan diganti

Kepemimpinan Zulkifil Hasan di PAN dinilai minim prestasi.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Jumat, 02 Agst 2019 21:18 WIB
Politikus PAN: Kader ingin Zulkifli Hasan diganti

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Icu Zukafril mengatakan, ada banyak kader PAN yang menginginkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan diganti. Menurut dia, kader-kader ingin Zulkifli diganti karena menilai kepemimpinannya di PAN minim prestasi. 

Selain itu, menurut Icu, PAN punya tradisi seorang ketua umum hanya 'boleh' memimpin PAN selama satu periode saja. Itu terlihat dari regenerasi kepemimpinan sejak Amien Rais duduk di kursi ketua umum pertama. 

"Itu kan biasa saja, ganti. Itu tradisi. Pak Amien kan sekali jadi ketua umum, Hatta Rajasa satu kali. Pak Zul, ya satu kali. Mau dua kali bagaimana? Kita juga enggak ada regenerasi," ujarnya di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Jumat (2/8).

Menurut Icu, PAN memiliki banyak kader mumpuni yang mampu menggantikan posisi Zulkifli sebagai ketua umum dalam 5 tahun ke depan. Namun demikian, ia mengatakan, belum ada nama kader yang direkomendasikan untuk maju. "Kami belum sampai tunjuk orang. Tapi, yang kita rumuskan ini kriteria dan syarat-syarat," ujarnya.

Icu mengatakan, setidaknya ada tiga kriteria yang harus dipenuhi calon ketua umum PAN. "Syaratnya tiga saja, memikili integritas yang terukur (dan) teruji. Kedua, memiliki kompetensi (dan) kemampuan pengetahuan yang cukup. Ketiga, punya pengalaman. Udah itu saja," tuturnya. 

Selain tiga kriteria tersebut, Icu mengatakan, ada baiknya jika calon ketua umum PAN punya pengalaman sebagai calon wakil presiden. "Itu salah satu bagus. Tapi, enggak masuk syarat-syarat (utama)," ujarnya.

Di PAN, hanya baru Hatta Rajasa yang punya pengalaman sebagai cawapres. Hatta maju sebagai pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2009. Namun demikian, Hatta bakal menyalahi tradisi yang disebut Icu jika dipilih lagi sebagai ketua umum. 

PAN saat ini tengah terpecah. Sebagian kader yang dimotori oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengambil sikap menolak wacana PAN pindah gerbong ke koalisi Jokowi-Ma'ruf. Di lain sisi, kubu Zulkifli membuka peluang bergabung dengan koalisi parpol pendukung pemerintah.  

Sponsored