logo alinea.id logo alinea.id

Politikus PAN sebut kubu prokoalisi cengeng

PAN menyatakan siap bergabung dengan koalisi pendukung pemerintahan.

Christian D Simbolon
Christian D Simbolon Senin, 29 Jul 2019 20:27 WIB
Politikus PAN sebut kubu prokoalisi cengeng

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Ali Thaher Parasong menyindir kubu prokoalisi di PAN. Menurut dia, kader-kader yang ingin PAN bergabung dengan Koalisi Indonesia Kerja (KIK) demi mendapat kursi menteri tak punya pendirian. 

"Bagi saya, kalau kalah dalam pemilu presiden, ya kalah. Selanjutnya berada di luar pemerintahan. Kalau menurut saya, (PAN) enggak bergabung dengan pemerintah. Cengeng amat," kata Ali di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (29/7).

Menurut Ali, sistem demokrasi di Indonesia masih abal-abal jika partai politiknya masih kerap pindah gerbong pascapemilu. "Kalau semua partai ingin bergabung ke pemerintah, maka tidak ada lagi oposisi. Tidak ada lagi partai oposisi yang akan mengontrol pemerintah," kata Ali. 

Karena itu, ia mengingatkan PAN untuk bersikap konsisten berada di luar pemerintah dan menjaga aspirasi para konstituen. "Kalau bergabung karena menginginkan kursi menteri kabinet supaya ada akses kekuasaan, itu terlalu kecil bagi saya. Ini dapat membuat pamor partai menjadi lebih pudar," tuturnya. 

Sponsored

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut partainya belum menentukan sikap terkait wacana bergabung dengan koalisi parpol pendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Namun demikian, Zulkifli menegaskan, PAN akan mendukung pemerintah tanpa syarat. 

"Kami mendoakan agar pemerintahan Jokowi-Ma'ruf sukses. Tidak ada syarat-syarat dan tidak meminta-minta jabatan," kata Zulkifli. (Ant)