sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Prabowo ke Trenggono: Sudah kamu kerja, aku yang tidur

Wamenhan Wahyu Sakti Trenggono optimistis bisa bekerja sama dengan Menhan Prabowo Subianto.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Jumat, 25 Okt 2019 18:43 WIB
Prabowo ke Trenggono: Sudah kamu kerja, aku yang tidur
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Meskipun berbeda pilihan politik pada Pilpres 2019, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Wahyu Sakti Trenggono optimistis bisa bekerja sama dengan Menhan Prabowo Subianto. Trenggono mengaku bahkan langsung 'nyambung' dengan Prabowo. 

"Tadi Pak Prabowo bilang, 'Bantu saya supaya saya sedikit lebih ringan'. Terus, beliau bilang begini sambil bercanda, 'Sudah kamu kerja, aku yang tidur.' Begitu, ha-ha-ha," kata Trenggono di Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Jumat (25/10). 

Trenggono merupakan satu dari 12 wakil menteri yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, pagi ini. Di sela-sela pelantikan, Prabowo sempat tertangkap kamera berbincang dengan bekas bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf itu. 

Menurut Trenggono, candaan yang dilemparkan Prabowo itu menujukkan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra tersebut menerima dia sebagai pendamping. "Artinya nyaman. Oh, ya sudah kalau begitu. Beliau percaya sama saya," imbuh dia. 

Trenggono mengaku ia dan Prabowo belum sempat membicarakan pembagian tugas di Kemenhan. Menurut dia, keduanya kemungkinan baru bakal membagi tugas dan kewenangan pekan depan. 

"Jadi hari Senin (28/10) besok beliau (Prabowo) mengajak saya ke Universitas Pertahanan (Unhan). Mungkin habis dari sana, ya, kita baru bicara lagi," kata dia. 

Lebih jauh, Trenggono mengatakan, ia sebenarnya sempat kaget diminta Jokowi untuk mendampingi Prabowo. Ia menceritakan, baru tahu bakal ditunjuk jadi Wamenhan setelah dihubungi oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Kamis (24/10) malam. 

"Tadi malam pukul 22.00 WIB saya ditelepon oleh Pak Pratikno. Diberi kepercayaan untuk menjadi wakil Pak Prabowo. Sebenarnya saya agak sedikit kaget. Terus saya minta izin, 'Boleh saya 10-20 menit untuk merenungkan'," ujar dia. 

Sponsored

Menurut Trenggono, ia bukannya ragu mengemban jabatan Wamenhan bukan karena harus berpasangan dengan Prabowo. Trenggono mengaku ragu karena merasa asing dengan Kementerian Pertahanan. 

Sebelum pelantikan, ia pun bergegas menemui Jokowi di Istana Negara. Dalam pertemuan itu, Jokowi mengungkapkan alasannya mempercayakan posisi Wamenhan kepadanya. 

"Kemudian beliau (Jokowi) mengatakan, 'Mas, industri pertahanan kita ini harus dibenahi'. 'Oh, siap Pak'. 'Pengalaman Mas Trenggono di industri dan bisnis tentu saya kira bisa bekerja sama dengan Pak Prabowo'," ujar Trenggono mengulang isi pembicaraanya dengan Jokowi. 

Berita Lainnya