sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Prabowo kemungkinan terlibat dalam kerja pemerintahan Jokowi

Jika Presiden Jokowi minta masukan Prabowo, mungkin program Indonesia Bangkit untuk menjadikan Indonesia adil dan makmur bisa diterapkan.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Rabu, 17 Jul 2019 16:50 WIB
Prabowo kemungkinan terlibat dalam kerja pemerintahan Jokowi

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade membenarkan bakal ada pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Joko Widodo untuk kali kedua setelah pemilihan presiden atau Pilpres 2019. Pertemuan lanjutan ini disebut hanya untuk berdiskusi mengenai program pemerintah ke depan.

“Benar, Pak Prabowo akan melakukan pertemuan lanjutan dengan Jokowi. Namun, bukan untuk membahas bagi-bagi kursi, tapi untuk melakukan sharing mengenai program pemerintah,” kata Andre saat ditemui di Jakarta pada Rabu (17/7).

Andre menjelaskan, topik pembicaraan yang akan dibahas kedua tokoh bangsa itu lebih kepada program kerja. Misalnya, kata Andre, jika Presiden Jokowi meminta masukan Prabowo Subianto mungkin saja program Indonesia Bangkit yang diusung dalam Pilpres untuk menjadikan Indonesia yang adil dan makmur bisa diterapkan.

“Kalau misalnya Jokowi mau adopsi, tidak apa-apa. Kan baik. Namun, mengadopsi visi-misi dan program tidak mengharuskan kami ada dalam kabinet,” ucap Andre.

Kendati demikian, Andre tak menutup kemungkinan Prabowo dapat terlibat dalam kerja-kerja pemerintahan Jokowi ke depan. Dengan catatan, jika dalam perjalanannya Jokowi membutuhkan bantuan dari Gerindra.

“Jadi kalau sudah sharing kan bisa saja inilah progam kami, silakan diadopsi. Kalau butuh orang (Prabowo), kami siap kirimkan orang. Kan bisa saja begitu,” ucap Andre.

Dalam waktu dekat, Andre mengatakan, Prabowo Subianto akan mengumpulkan para anggota Dewan Pembina Partai Gerindra. Kemungkinan pertemuan dilakukan pada Jumat (19/7) lusa. Pertemuan tersebut digelar untuk menyampaikan hasil pembicaraan dirinya dengan Joko Widodo pada pertemuan akhir pekan lalu.

Menurut Andre, dalam pertemuan itu Prabowo akan menjelaskan kepada para anggota Dewan Pembina Gerindra jika dirinya dengan Jokowi belum membicarakan mengenai arah koalisi, apalagi bagi-bagi kursi menteri.

Sponsored

"Prabowo akan sampaikan hasil pembicaraan dengan Jokowi dan menjelaskan bahwa di balik pembicaraan Prabowo itu tak ada tawar-menawar jabatan. Pertemuan itu hanya demi Indonesia guyub agar bangsa bersatu kembali dan itu akan disampaikan juga dalam rapat dewan pembina,” kata Andre.

Andre belum mengetahui tempat pertemuan antara Prabowo dengan para anggota dewan pembina Partai Gerindra tersebut. “Kemungkinan besar tidak di Kertanegara," ujar Andre.