sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Puan ke pemerintah: Evaluasi menyeluruh strategi penanganan pandemi

Jangan sampai masyarakat lelah dan tidak mau lagi mematuhi protokol kesehatan.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Kamis, 03 Des 2020 20:26 WIB
Puan ke pemerintah: Evaluasi menyeluruh strategi penanganan pandemi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah segera evaluasi menyeluruh strategi penanganan pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Puan menyusul adanya rekor baru kasus corona jelang bulan kesepuluh.

"Pemerintah harus evaluasi menyeluruh strategi penanganan pandemi ini untuk menemukan bagian apa lagi yang harus kita gencarkan. Selama ini upaya penanggulangannya sudah luar biasa, termasuk peran tenaga kesehatan dan masyarakat," kata Puan kepada wartawan di Jakarta, Kamis (3/12).

Pemerintah, sambung dia, harus jadi motor penggerak untuk melahirkan usaha yang lebih dari luar biasa. Apalagi didukung dana sangat besar untuk penanggulangan Covid-19, termasuk mengurangi dampaknya.

“Ada baiknya kita mewawas diri, instrospeksi langkah penanggulangannya. Jangan sampai masyarakat lelah dan tidak mau lagi mematuhi protokol kesehatan,” bebernya.

Untuk itu, politikus PDI-Perjuangan ini mengusulkan agar pemerintah menguatkan pencegahan dari sisi hulu, seperti memperluas bantuan vitamin dan jamu agar untuk menjaga daya imunitas mereka.

“Pertimbangkan lakukan pencegahan dengan meningkatkan imunitas. Berikan vitamin dan jamu herbal pada masyarakat untuk meningkatkan daya imunnya,” lanjutnya.

Usul Puan lainnya adalah menguatkan sinergi birokrasi pemerintah pusat-daerah agar penanganan Covid-19 optimal.

"Sinergi sangat penting. Utamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat, jangan politisasi keadaan,” tuturnya.

Sponsored

Untuk diketahui, Laporan Satgas Penanganan Covid-19, mencatat rekor baru dengan pertumbuhan kasus konfirmasi Covid-19 sebanyak 8.369 kasus hari ini.

Jumlah itu didapat berdasarkan hasil pendataan sejak 2 Desember 2020 hingga 3 Desember 2020 pukul 12.00 WIB. Ini merupakan rekor terbaru dengan penambahan jumlah kasus positif terbanyak dalam sehari.

Berita Lainnya