sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ketua DPR minta pemerintah antisipasi peningkatan ekonomi global

Kenaikan signifikan komoditas energi dan pangan berimbas pada meningkatnya tekanan inflasi domestik.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Kamis, 14 Apr 2022 18:04 WIB
Ketua DPR minta pemerintah antisipasi peningkatan ekonomi global

Ketua DPR, Puan Maharani, meminta pemerintah mengantisipasi dampak peningkatan risiko ekonomi global terhadap Indonesia akibat perang Rusia-Ukraina, serta normalisasi kebijakan moneter oleh negara-negara maju.

"Perkembangan kondisi global tersebut secara langsung telah mendorong peningkatan komoditas energi, pangan, dan komoditas lainnya yang sangat luar biasa," kata Puan di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/4)
 
Menurut Puan, kenaikan signifikan komoditas energi dan pangan berimbas pada meningkatnya tekanan inflasi domestik. Hal itu, kata dia, tercermin dari kenaikan harga beberapa barang-barang strategis di dalam negeri. 

"Ditambah lagi dengan kebijakan pemerintah yang berpotensi mendistorsi pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung," ujarnya.

Oleh karenanya, pemerintah perlu segera mengambil kebijakan yang efektif dalam mengendalikan kestabilan harga berbagai komoditas. Puan juga mengingatkan pemerintah untuk memastikan daya beli masyarakat tetap terjaga, serta memberikan bantuan sosial bagi masyarakat yang tidak mampu.

Sponsored

"Fungsi pengawasan DPR RI diarahkan agar kebijakan dan program Pemerintah dilaksanakan untuk dapat melindungi rakyat dan memajukan kesejahteraan rakyat," tutur politikus PDI Perjuangan ini.

Puan juga meminta agar pemerintah segera menindaklanjuti berbagai keputusan rapat kerja komisi dan alat kelengkapan dewann (AKD) DPR lainnya.

"Komitmen Pemerintah dalam melaksanakan hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat saling menghormati kewenangan antara lembaga Eksekutif dan Legislatif," ucap dia.

Berita Lainnya