sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Rapat Paripurna DPR setujui 9 Komisioner Ombudsman RI 2021-2026

DPR RI sepakati Mokh Najih sebagai Ketua Ombudsman RI.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Rabu, 10 Feb 2021 15:24 WIB
Rapat Paripurna DPR setujui 9 Komisioner Ombudsman RI 2021-2026
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) putuskan menyetujui sembilan nama calon ketua, wakil ketua, dan anggota Ombudsman Republik Indonesia periode 2021-2026. Keputusan diambil dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-13 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2020 – 2021.

Sembilan nama itu ialah Mokh Najih (dosen Universitas Muhammadiyah Malang), Bobby Hamzar Rafinus (aparatur sipil negara Kementerian Koordinator Perekonomian), Hery Susanto (Direktur Operasional PT Grage Nusantara Global), Dadan Suparjo Suharmawijaya (anggota Ombudsman RI).

Kemudian, Indra Marzuki Rais (Kepala SPI PT Perikanan Nusantara), Jemsly Hutabarat (pegawai PT GMF Aeroasia), Johanes Widijantoro (dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta), Robertus Na Endi Jaweng (pimpinan dan peneliti Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah), dan Yeka Hendra Fatika (Ketua Pusat Kajian Pertanian Pangan dan Advokasi).

Dari seluruh calon, Komisi II DPR RI menyepakati Mokh Najih sebagai Ketua Ombudsman Republik Indonesia, dan Bobby Hamzar Rafinus sebagai Wakil Ketua Ombudsman Republik Indonesia. Sementara sisanya, disepakati menjadi anggota.

Kesepakatan diambil setelah para Komisioner Ombudsman Republik Indonesia telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi II DPR RI.

"Apakah laporan Komisi 2 RPR RI atas hasil uji kelayakan dan kepatutan Ombudsman Republik Indonesia masa jabatan 2021-2026 tersebut dapat disetujui?" tanya Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, saat memimpin rapat paripurna yang disiarkan secara daring, Rabu (10/2).

"Setuju," jawab anggota yang hadir serempak.

Dalam sambutannya, Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung berharap para komisioner terpilih dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan amanah yang diemban, meski keterbatasan yang dimiliki Ombudmsn baik dari segi anggaran, fasilitas, dan SDM.

Sponsored

Tak hanya itu, Doli berpesan agar anggota Ombudsman terpilih dapat berpegang teguh pada indepedensi dan mengedepankam sikap non-diskriminatif dalam menangani atau menindaklanjuti laporan dugaan maladministrasi dalam penyelengaran pelayanan publik.

"Dalam perkembangannya ke depan Ombudsman dapat meningkatkan mutu pelayanan negara di segala bidang agar setiap warga dan penduduk memperoleh keadilan dan rasa aman yang baik, membantu menciptakan dan meningkatkan upaya untuk memberantas praktik maladministrasi, diskriminasi, kolusi, korupsi, dan nepotisme, serta meningkatkan budaya hukum nasional, kesedaran hukum rakyat dan supremasi hukum yang berintikan pada kebenaran dan keadilan," papar Doli.

Berita Lainnya