logo alinea.id logo alinea.id

Sri Mulyani: Pertemuan Jokowi-Prabowo simbol politik damai

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan senang atas pertemuan Jokowi dan Prabowo di Stasiun MRT Jakarta.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Minggu, 14 Jul 2019 13:44 WIB
Sri Mulyani: Pertemuan Jokowi-Prabowo simbol politik damai

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan senang atas pertemuan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kemarin (13/7).

Sri Mulyani menilai pertemuan itu memang harus dilakukan, melihat tugak pokok dan fungsi (tupoksi) seorang pimpinan negara adalah bertanggung jawab dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa seluruh proses politik dalam pemilihan umum (pemilu) 2019 sudah selesai dan berlangsung damai.

"Indonesia dan kita merasa lega dan sangat senang bahwa ini terjadi. Itu merupakan simbol, bahwa seluruh proses politik telah terjalankan secara baik dan menghasilkan suatu hasil yang kemudian kita hormati bersama," ujar Sri di kampus Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, Bintaro, Tangerang Selatan, Minggu (14/7).

Sri mengatakan, masyarakat sudah harus menerima dan tidak terlarut dalam perbedaan yang terjadi pada proses pemilu, khususnya pemilihan presiden (Pilres) 2019. Menurutnya, semuanya harus mulai menghormati apapun yang telah diputuskan oleh proses demokrasi.

Menurut Sri, pertemuan Jokowi dan Prabowo kemarin merupakan bukti bahwa elite politik telah bijak dalan memandang sebuah kontestasi. Berangkat dari itu, harusnya masyarakat juga mulai melihat bahwa persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap terjaga meskipun memiliki pandangan dan ideologi berbeda.

"Itu adalah suatu refleksi yang sangat baik, bagi mahasiswa-mahasiswa di sini juga, generasi muda, itu merupakan suatu wajah dan bentuk pembelajaran kenegarawanan yang akan dilihat dan bagi banyak generasi muda akan dipelajari," tegasnya.

Sebelumnya, presiden terpilih Jokowi bertemu Prabowo Subianto di Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta di Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Sabtu, 13 Juli 2019. Sekretaris Kabinet Pramono Anung, yang ikut mendampingi Jokowi dalam pertemuan itu menyebutkan Kepala BIN Budi Gunawan (BG) yang menjembatani pertemuan tersebut.

Sepanjang pertemuan dari Stasiun MRT Lebak Bulus hingga FX Sudirman itu, memang nampak BG terus mendampingi kedua tokoh nasional yersebut. Saat makan siang di Sate Khas Senayan di FX Sudirman, BG nampak berusaha melayani Prabowo. Ia juga terus mempersilakan calon presiden nomor urut 02 tersebut untuk tetap berjalan persis di belakang Jokowi.

Sponsored