sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Survei LP3ES: Safari politik AHY kerek posisi Partai Demokrat

Elektabilitas Partai Demokrat bertengger pada angka 11,2%, berada di posisi kedua setelah PDIP dengan 24%.

Achmad Rizki
Achmad Rizki Kamis, 06 Mei 2021 08:59 WIB
Survei LP3ES: Safari politik AHY kerek posisi Partai Demokrat

Safari politik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke daerah mengerek posisi partainya. Partai berlambang mercy itu menduduki peringkat kedua dengan elektabilitas 11,2%. 

Demikian salah satu temuan survei Lembaga Pendidikan, Penelitian, Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) yang dirilis di Jakarta, Rabu (5/5).

Survei diselenggarakan di 34 provinsi pada 8-15 April di 34 provinsi dengan 1.200 responden dan margin of error 2,8%. Peneliti LP3ES, Erwan Halil, mengatakan, faktor melejitnya elektabilitas Partai Demokrat sangat dipengaruhi ketokohan AHY.

Saat ini, elektabilitas Partai Demokrat bertengger pada angka 11,2%, berada posisi kedua setelah PDIP dengan elektabilitas 24%. Partai Gerindra menempati posisi ketiga dengan elektablitas 9% dan Partai Golkar dengan elektabilitas 7,4%. 

Sementara itu, juga terlihat elektabilitas tokoh kandidat capres. Ketua Umum Partai Demokrat AHY mencapai 8,8%, menjadikan AHY satu-satunya tokoh non pejabat publik yang masuk dalam lima besar tokoh nasional dengan elektabilitas tertinggi. "Ini pula yang tampaknya membuat Partai Demokrat melejit elektabilitasnya. Mengingat, AHY giat menyambangi konstituennya di daerah-daerah," kata Erwan.

Di atas AHY, elektabilitas tertinggi masih dipegang oleh Prabowo Subianto, Ketum Gerindra 16,4%, disusul Gubernur DKI Anies Baswedan 12,8%, lalu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 9,6%. 

Sedangkan di bawah AHY, ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 7,5% dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, yang juga Waketum Gerindra, dengan 6,2%. 

Sementara itu, elektabilitas ketua umum partai politik di Senayan. Prabowo Subianto berada di urutan pertama dengan 27,6%, diikuti oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarno Putri 23,3%. Di luar dugaan, popularitas Ketua Umum Partai Demokrat berada di posisi ketiga dengan 21,5%, diikuti Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 6,8%, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 6,1%.

Sponsored
Berita Lainnya