sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Survei: popularitas Airlangga semakin membaik, tempel Prabowo dan Ganjar

Selain populer, Airlangga juga disebutkan sebagai menteri dengan kinerja paling berdampak di pemerintahan Jokowi-Amin.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Selasa, 26 Apr 2022 22:43 WIB
Survei: popularitas Airlangga semakin membaik, tempel Prabowo dan Ganjar

Survei Warna Research Center (WRC) menyebutkan, tingkat kepopuleran Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, semakin membaik di antara sejumlah tokoh yang selama ini merajai hasil survei sejumlah lembaga.

Berdasarkan survei  yang digelar pada19 Maret 2022 hingga 4 April 2022, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merupakan tokoh yang paling dikenal dengan kepopuleran sebesar 97,7 %, diikuti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (96,2%), Airlangga Hartarto (95,3%).

Selanjutnya KSAD Dudung Abdurachman 93,8%, KSP Moeldoko (92,7%), Ibu Negara Iriana Jokowi (92,5%), Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (91,9%), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (86,7%), Ketua DPR Puan Maharani (86,5%), Menteri BUMN Erik Thohir (83,4%), Menkopolhukam Mahfud MD (82,7%), Mendagri Tito Karnavian (81,2%), dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (78,7%). 

"Ketika 2.426 responden diminta menyebutkan tokoh di Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf yang dikenal dan disukai, lalu dari seluruh jawaban responden didapat 10 nama teratas yang kemudian dilakukan poling lagi didapati bahwa Prabowo Subianto merupakan tokoh yang paling dikenal dengan kepopuleran sebesar 97,7 %, diikuti Ganjar Pranowo, dan Airlangga Hartarto," ujar Direktur Eksekutif WRC Rinjani Dwi dalam keterangan pers, Selasa (26/4).

Menurut dia, melalui jajak pendapat berjenjang, terdapat 10 tokoh di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf yang kinerjanya dirasakan langsung oleh masyarakat. Dari responden yang ada, kata dia, Airlangga Hartarto memiliki keterpilihan tertinggi  yang kinerjanya paling dirasakan oleh masyarakat yaitu sebesar 29,1%. Kemudian disusul oleh KSAD Dudung Abdurachman yang kinerjanya sangat dirasakan masyarakat dalam hal keamanan dan keutuhan NKRI.

"Sementara, kinerja Ganjar Pranowo dirasakan oleh 6,7% hal ini lebih mayoritas kinerjanya dirasakan oleh masyarakat Jawa tengah," katanya.

Menurut Dwi, kinerja Prabowo Subianto hanya dirasakan 10,4%. Hal ini karena memang tugas Prabowo sebagai Menhan tidak banyak bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

Di bawahnya, terdapat nama Menteri Keuangan Sri Mulyani yang kinerjanya dirasakan oleh sebanyak 10,1%, lantaran dinilai dapat mengendalikan ruang fiskal dan hutang luar negeri. 

Sponsored

Selanjutnya, Panglima TNI Andika Perkasa (6,90%), Anies Baswedan (4,6%), Moeldoko (4,10%). Lalu Erick Thohir hanya dirasakan oleh 2,7% masyarakat. Begitu juga Sandiaga Uno sebagai Menparekaf, kinerjanya hanya dirasakan oleh 2,4% masyarakat. Adapun yang tidak memilih sebesar 11,3%. 

"Masyarakat menilai kerja Airlangga Hartarto sangat dirasakan terutama masa pademi, dimana rakyat menikmati pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik dan angka penderita Covid-19 yang semakin menurun. Serta banyaknya program pro rakyat yang dijalankan oleh Airlangga Hartarto seperti UMKM, fintech dan Pertanian," kata Dwi.

Selain itu, lanjut Dwi, hal tersebut tidak lepas dari peran Airlangga sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Survei WRC melibatkan 2.426 responden dari populasi 194.663.400 penduduk baik laki-laki maupun perempuan berusia antara 15 -69 tahun berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 yang diwawancarai secara proporsional penyebarannya di 34 provinsi. 

Sampel diambil dengan mengunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar 1,99% pada tingkat kepercayaan 95%.

Berita Lainnya