sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Surya Paloh: Hanya NasDem yang belum dapat bocoran kabinet

"Terus terang saja yang paling lucu ini, NasDem. Hanya kami yang belum dikasih tahu."

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Minggu, 20 Okt 2019 15:19 WIB
Surya Paloh: Hanya NasDem yang belum dapat bocoran kabinet

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan partainya menjadi satu-satunya yang belum menerima bocoran nama-nama menteri, untuk duduk di kursi kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Saat hadir dalam acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih di kompleks Parlemen, Paloh pun mempertanyakan hal ini.

"Terus terang saja yang paling lucu ini, NasDem. Hanya kami yang belum dikasih tahu. Belum ada sampai hari ini," ujar Paloh di kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Minggu (20/10).

Kendati demikian, Paloh tidak mempermasalahkan keadaan tersebut. Ia menduga hal ini terjadi karena Jokowi disibukkan dengan acara pelantikan dirinya menjadi Presiden RI periode 2019-2024.

Paloh pun menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi-Ma'ruf Amin, yang akan memimpin bangsa dan negara untuk lima tahun ke depan. Ia berharap, kinerja Jokowi-Ma'ruf Amin akan lebih baik daripada kepemimpinan Jokowi-Jusuf Kalla sebelumnya.

Jokowi-Ma'ruf juga diharapkan dapat mempersatukan kembali tali persatuan bangsa, yang terpolarisasi sejak Pilpres 2019 lalu.

"Tidak ada jalan lain kecuali itu harus dirajut kembali dalam satu ikatan emosi diri dan pikiran. Kepentingan nasional kita harus didahulukan daripada kepentingan sektoral. Dan ini, saya terus terang, harus diingatkan, harus dimulai oleh siapa, harus dimulai oleh kita semuanya. Tapi yang paling memegang peran di sana adalah para elite bangsa ini," kata Paloh menerangkan.

Pernyataan Paloh ihwal bocoran Jokowi-Ma'ruf, bertentangan dengan pernyataan Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai NasDem Johnny G. Plate. Dia mengaku pihaknya sudah mengetahui bocoran susunan kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Jokowi, kata Plate, akan mengumumkan susunan kabinet setelah resmi dilantik hari ini.

"Sudah rampung. Pak Jokowi sudah bilang pasti beliau akan mengumumkan setelah pelantikan. Saya kira segera mungkin ya, tidak selama pada 2014 lalu,"

Sponsored

Johnny berharap susunan kabinet sudah bisa diumumkan pekan depan. Bahkan sudah dapat dilantik agar pekerjaan rumah untuk membangun bangsa mulai bisa berjalan.