sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tak dilirik anak muda, Golkar kekeh usung Airlangga Hartarto

Dari 17 figur capres, sesuai survei Indikator Politik Indonesia tentang pilihan anak muda, tidak ada nama Ketua Umum Golkar, Airlangga.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Selasa, 23 Mar 2021 19:18 WIB
Tak dilirik anak muda, Golkar kekeh usung Airlangga Hartarto
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Partai Golkar tetap berkomitmen mengusung ketua umumnya, Airlangga Hartarto, menjadi calon presiden (capres) 2024 meskipun kerap tidak masuk dalam hasil papan survei Indikator Politik Indonesia tentang tokoh yang dipilih anak muda sebagai kepala negara.

"Golkar punya calon presiden sendiri dan sudah menyerap aspirasi. Mereka mengusulkan Pak Airlangga Hartarto," kata Wakil Ketua Umum DPP Golkar, Ahmad Doli Kurnia, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (23/3). 

Usulan tersebut, terangnya, disampaikan pengurus DPD I, DPD II, organisasi sayap, dan Fraksi Golkar. Namun, ungkap dia, Airlangga belum merespons aspirasi itu dengan dalih masih fokus menangani pandemi Covid-19.

"Nanti ada waktunya menjawab itu, tetapi kami sebagai pengurus DPP terhadap aspirasi itu punya tanggung jawab, ya, untuk kemudian mulai sekarang sudah mempunyai rencana atau strategi untuk bagaimana meningkatkan elektabilitas Partai Golkar dan capres dari Partai Golkar," terang Doli.

Tentang opsi mengusung figur lain sebagai capres, dirinya menyatakan, Golkar konsisten menjagokan Airlangga. Alasannya, mengusung kader merupakan prioritas partai berlogo pohon beringin.

"Sekarang, kan, kami punya calon atau kader sendiri, pimpinan sendiri, gitu. Tentu itu akan menjadi prioritas kami untuk mempertimbangkan secara resmi untuk dicalonkan sebagai capres," jelasnya.

Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis akhir pekan lalu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjadi figur pertama yang dipilih anak muda dalam pemilihan presiden (pilpres) dengan elektabilitas 15,2%.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, membayangi di posisi kedua dengan persentase 13,7%, menyusul Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dengan 10,2%. Selanjutnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (9,8%); Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto (9,5%), dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (4,1%).

Sponsored

Sementara itu, eletabilitas 11 nama lain di bawah 2%. Namun, tidak ada nama Airlangga di dalamnya.

Setelah mereka meniup peluit...

Setelah mereka meniup peluit...

Kamis, 22 Apr 2021 16:48 WIB
Memutus belenggu generasi sandwich

Memutus belenggu generasi sandwich

Kamis, 22 Apr 2021 14:25 WIB
Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Rabu, 21 Apr 2021 17:33 WIB
Berita Lainnya