logo alinea.id logo alinea.id

Tak mau kalah, kubu Airlangga juga klaim didukung 400 DPD

Sebelumnya, politikus senior Partai Golkar mengklaim Bamsoet telah mengantongi dukungan dari 400 DPD.

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Senin, 08 Jul 2019 05:30 WIB
Tak mau kalah, kubu Airlangga juga klaim didukung 400 DPD

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Jawa Timur mendukung pencalonan kembali Airlangga Hartarto sebagai ketua umum periode 2019-2024 di Munas Golkar pada Desember 2019. Dukungan terhadap Airlangga disepakati dalam rapat pleno yang diikuti DPD Golkar dari 38 kabupaten/kota di Jatim. 

"Partai Golkar kota/kabupaten se-Jatim baru saja menggelar rapat pleno diperluas yang dihadiri seluruh DPD. Hanya ada satu dari Trenggalek (absen) karena sakit. Tetapi, dia (Trenggalek) menyampaikan ikut apa  pun keputusan dari rapat pleno," ujar pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Golkar Jatim Zainuddin Amali di Kantor DPD Golkar Jatim, Minggu (7/7).

Keputusan dukungan tertuang secara tertulis yang dikeluarkan oleh tiap pengurus kabupaten/kota. Dukungan tertulis tersebut kemudian diberikan kepada ke Ketua DPD Jatim.

"Saya sangat pahami dan lihat optimisme yang terbangun oleh kabupaten dan kota mereka akan sungguh-sungguh (mendukung Airlangga maju). Pernyataan ini ikhlas dan tidak ada paksaan," ujar dia. 

Dengan tambahan dukungan tersebut, menurut Zainuddin, sudah ada 400 pemilik suara yang menyatakan dukungan kepada Airlangga. Dengan total pemegang suara sah sekitar 550 DPD atau ormas, Airlangga diklaim bakal meraup setidaknya 70% suara di Munas Golkar nanti. 

Zainuddin optimistis dukungan bakal terus mengalir mengingat Munas Golkar baru akan dihelat Desember mendatang. "Jumlah suara sah nanti ada 514 kabupaten/kota, dan 34 provinsi. Kemudian 10 ormas. Sangat gampang menghitungnya," ujar dia. 

Sebelumnya, politikus senior Partai Golkar, Yorrys Raweyai mengatakan, Bambang Soesatyo telah mengantongi dukungan dari 400 DPD Golkar tingkat I dan II di seluruh Indonesia untuk maju sebagai ketua umum di Munas nanti. 

Namun demikian, Yorrys tak mau merinci DPD mana saja yang telah menyatakan dukungan kepada Ketua DPR RI itu. "Sudah berjalan. Tapi, sampai hari ini (Bamsoet) sudah mendapat dukungan lebih dari 400 (DPD I dan II). Sulsel juga besok akan menyusul," kata dia. (Ant)
 

Sponsored