sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ucapan belasungkawa untuk Arbi Sanit terus mengalir

Yusril Ihza Mahendra merasa kehilangan sosok Arbi Sanit.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Kamis, 25 Mar 2021 13:34 WIB
Ucapan belasungkawa untuk Arbi Sanit terus mengalir
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Akademisi Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) Arbi Sanit meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, hari ini, Kamis (25/3), pukul 07.15 WIB.

Pengamat politik itu mengembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan penyakit jantung yang dideritanya. Almarhum sempat menjalani perawatan di ruang intensif ICCU di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Sejumlah tokoh pun menyampaikan belasungkawa tas meninggalnya Arbi Sanit, tak terkecuali politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera. "Innillahi wa inna ilaihi rajiun, Turut berduka cita atas wafatnya Bpk Arbi Sanit, seorang akademisi yg teguh dengan pemihakannya terhadap demokrasi serta konsisten pada sikap kritis. Semoga almarhum diterima semua amal kebaikannya & diampuni segala kekhilafannya, Amiin," cuit Mardani via akun Twitternya @MardaniAliSera sejam lalu.

Pun pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra merasa kehilangan sosok Arbi Sanit yang dikenalnya sejak mahasiswa. Yusril kemudian mengajak masyarakat melupakan dan maafkan segala kesalahan yang mungkin telah dilakukan almarhum.

"Kita kehilangan seorang akademisi ilmu politik dengan wafatnya Drs Arbi Sanit pagi ini di RSCM Jakarta. Saya mengenal almarhum sejak saya mahasiswa di FH UI Rawamangun tahun 1976. Beliau dosen FISIP UI, sayapun sempat jadi asisten dosen di FISIP UI yang gedungnya bersebelahan," cuit pemilik akun @Yusrilihza_Mhd itu.

Ungkapan senada disampaikan Jimly Asshiddiqie atas meninggalnya pria kelahiran Sumatera Barat pada 4 juni 1939 itu. "Innalillahi wainna ilaihi rojiuun, kmbali kt dpt kabar duka, dosen & pemgamat politik senior dari FISIPOL UI, Arbi Sanit meninggal dunia pkl 7:15 tadi pagi. Kt doakan husnulkhotimah. Alfatihah," cuit Jimly.

Selain pernah mengajar di UI, ilmuwan politik Indonesia itu juga pernah menjadi dosen di Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. Pemikiran Arbi banyak dituangkan dalam beberapa buku, di antaranya Sistem Politik Indonesia, Perwakilan Politik di Indonesia, dan Golput: aneka pandangan fenomena politik.

Sponsored
— Yusril Ihza Mahendra (@Yusrilihza_Mhd) March 25, 2021

 

Berita Lainnya