sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PDIP: Uji kelayakan juga dilakukan pada calon kepala daerah lain

Tinggal beberapa daerah seperti Surabaya, Banyuwangi, Kota Medan dan Kota Tangsel yang belum melakukan uji kelayakan.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 10 Feb 2020 14:37 WIB
PDIP: Uji kelayakan juga dilakukan pada calon kepala daerah lain
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 64958
Dirawat 31798
Meninggal 3241
Sembuh 29919

Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto menganggap, uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test bakal Calon Wali Kota Surakarta merupakan hal biasa. Menurutnya, sejumlah kader berlambang banteng moncong putih untuk pilkada lain, juga turut menjalani uji kelayakan tersebut.

"Bukan hanya Solo (Surakarta) yang dipanggil fit and proper di DPP. Banyak wilayah lain (kader yang dipanggil untuk fit and proper test). Tak ada yang spesial. Proses equal treatment," kata Bambang, saat dikonfirmasi, Senin (10/2).

Terpisah, Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan, sejumlah kader di daerah yang akan maju sebagai kepala daerah, juga turut mengikuti uji kelayakan dan kepatutan tersebut. Namun, dia tidak merinci kader dari daerah mana saja yang telah menjalani fit and proper test itu.

"Tinggal beberapa daerah seperti Surabaya, Solo, Banyuwangi, Kota Medan, Kota Tangsel," ujar Hasto, saat ditemui di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (10/2).

DPP PDIP menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap tiga kader partai berlambang moncong banteng putih yang maju dalam kontestasi Pilwalkot Surakarta 2020.

Ketiganya adalah Gibran Rakabuming Raka, Achmad Purnomo, dan Teguh Prakosa. Uji kelayakan dilaksanakan di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (10/2).

Gibran Rakabuming Raka menyatakan kesiapannya mengikuti fit and proper test kedua di DPP PDIP di Jakarta Pusat.

"Saya sudah mendapatkan surat untuk mengikuti proses fit and proper test di DPP PDIP di Jakarta, pada Senin (10/2)," ungkap saat menghadiri acara "Doa dan Silaturahmi" di DPC Projo Surakarta, Minggu (9/2).

Sponsored

Dia mengaku tidak ada persiapan khusus dalam mengikuti uji kelayakan tersebut. "Saya tidak ada persiapan khusus, dan hanya mengucapkan 'bismillah' berangkat ke Jakarta," kata Gibran.

Bahkan, putra sulung Presiden Jokowi itu mengaku sudah bertemu dengan bapak dan ibunya di Jakarta, pada Jumat (7/2), guna meminta doa restu.

Serba bisa BIN di panggung corona 

Serba bisa BIN di panggung corona 

Selasa, 07 Jul 2020 06:01 WIB
Berharap vaksin dengan anggaran mini

Berharap vaksin dengan anggaran mini

Senin, 06 Jul 2020 19:00 WIB
Berita Lainnya