sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Wajah sendu SBY masih kelabu

Saat menyambut rombongan Pimpinan MPR yang berkunjung ke Cikeas, wajah sendu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tampak jelas.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Kamis, 17 Okt 2019 21:45 WIB
Wajah sendu SBY masih kelabu

Saat menyambut rombongan Pimpinan MPR yang berkunjung ke Cikeas, wajah sendu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak dapat disembunyikan.

Rombongan Pimpinan MPR yang digawangi Ketua MPR Bambang Soesastyo mengunjungi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat di kediamannya, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (16/10) malam.

Gurat-gurat sedih atas kepulangan mendiang istrinya, Ani Yudhoyono masih tergambar di wajahnya yang menginjak usia 70 tahun itu.

"Terima kasih sahabat, selamat datang," ujar SBY saat bersalaman dengan Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKS.

Ani Yudhoyono meninggal dunia usai menjalani perawatan medis beberapa bulan di National University Hospital (NUH), Singapura, pada Sabtu (1/6) pukul 11.50 waktu Singapura. Mantan Ibu Negara meninggal lantaran penyakit kanker darah yang diderita.

Kedatangan rombongan MPR ini hendak membawa undangan pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2019. Kehadiran mereka juga sedikit menghibur lara SBY atas kepulangan Ibu Ani, yang tak lama kemudian disusul oleh Ibunda SBY, Siti Habibah.

Duka yang masih diraskan SBY ini dibenarkan Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Usai bertemu SBY, Bamsoet menyebut jika kesedihan Ketum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu belum sepenuhnya hilang.

"Pertemuan kami dengan Presiden ke-6 RI, Bapak SBY berlangsung hangat, penuh kekeluargaan dan keakraban. Walaupun kami masih lihat dengan jelas kesedihan Pak SBY sepeninggal ibu Ani masih belum sama sekali hilang," tutur Bamsoet kepada wartawan setelah kunjungan malam itu.

Sponsored

Bamsoet yang didampingi beberapa Wakil Ketua MPR melakukan konferensi pers di depan pendopo Puri Cikeas, di mana foto almarhumah Ani Yudhoyono dan ibunda SBY, Siti Habibah dipajang.

Bamsoet mengatakan, selain menghibur SBY, mereka juga sempat berdoa untuk Ibu Ani. Doa dipimpin oleh Hidayat Nur Wahid.

"Kami tadi sempat doa bersama dipimpin Pak Hidayat Nur Wahid agar arwah beliau diterima di sisi-Nya. Dan doa-doa kami dibukakan pintu langit sehingga diterima di sana," lanjutnya.

Bamsoet mengatakan, SBY akan menghadiri pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Kehadiran SBY merupakan pesan kepada dunia jika Indonesia berada dalam kondisi politik yang kondusif.

"Pak SBY menyatakan kesediaannya hadir pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilu 2019, sekaligus memberikan pesan kepada dunia bahwa suhu kondisi politik Indonesia sangat kondusif dan para pemimpinnya kompak," pungkas Bamsoet.